SOLOPOS.COM - Umbul Nogo di Manyaran, Wonogiri, yang sempat dilanda banjir pada Minggu (12/2/2023). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Objek Wisata Umbul Nogo, Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, yang sempat dilanda banjir pada Minggu (12/2/2023) sore sudah mulai pulih. Namun, ratusan ekor ikan emas dan lele diketahui hilang karena hanyut terbawa arus banjir ke sungai.

Kepala Desa Karanglor, Sumardi, mengatakan saat ini kondisi Objek Wisata Umbul Nogo sudah kembali pulih setelah kebanjiran pada Minggu sore akibat hujan deras dan berdurasi lama di wilayah setempat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut dia, Umbul Nogo menerima luapan air dari beberapa saluran air di atas umbul sehingga menyebabkan air di beberapa kolam juga meluap. 

“Ikannya hilang, hanyut ke sungai. Padahal besar-besar. Warga malah seneng bisa nangkap ikan di sungai di bawah umbul,” kata Sumardi kepada Solopos.com via sambungan telepon Whatsapp, Senin (13/2/2023).

Kejadian serupa pernah terjadi pada 2020 lalu. Kendati begitu, banjir tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada fasilitas di Umbul Nogo, Manyaran, Wonogiri. 

Sumardi menjelaskan ada enam kolam di Umbul Nogo. Satu kolam untuk kolam renang dewasa, satu kolam renang untuk anak-anak, dan satu kolam lagi untuk kolam keceh balita. 

Sementara dua kolam lain untuk ikan dan satu kolam terakhir untuk penampungan air yang digunakan air baku perusahaan air minum desa dan perusahaan air minum daerah. “Di sana sering dikunjungi warga karena airnya jernih. Kolam renang juga setiap pekan dikuras, dibersihkan, jadi selalu bersih,” ujar dia.

Dia menambahkan harga tiket masuk Umbul Nogo cukup terjangkau yaitu Rp3.000/orang. Bagi pengunjung yang ingin berenang di kolam renang perlu menambah biaya seharga Rp7.000/orang. Objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 WIB-17.0 WIB.

Camat Manyaran, Toto Tri Mularto, menyampaikan banjir yang melanda Umbul Nogo, Wonogiri, akibat limpahan air dari area perbukitan di sekitar objek wisata tersebut. Tidak ada dampak lain selain sebagian ikan hanyut terbawa banjir. 

“Itu kemarin karena hujan lebat pada siang sampai sore,” ucapnya. Sebelumnya, video banjir di Umbul Nogo sempat viral setelah diunggah pengelola akun Instagram @repostwonogiri, Minggu malam. 

Tampak dalam video itu air berwarna cokelat mengalir cukup deras. Warganet membanjiri kolom komentar dengan pertanyaan mengenai kondisi ikan-ikan di umbul tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya