SOLOPOS.COM - Ambulans yang merupakan bantuan CSR dari Bank Jateng diserahkan ke Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Sabtu (17/9/2022) malam. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno menerima bantuan satu unit ambulans, Sabtu (17/9/2022). Bantuan ambulans ke Desa Jabung menyusul insiden Puskesmas Gantiwarno yang menolak peminjaman ambulans untuk warga Jabung dengan alasan prosedur pada akhir April lalu.

Ambulans secara simbolis diserahkan Bupati Klaten, Sri Mulyani bersamaan dengan pergelaran wayang kulit di Dukuh Besari Wetan, Desa Jabung, Kecamatan Gantiwarno, Sabtu (17/9/2022) malam. Bantuan merupakan corporate social responsibility (CSR) dari Bank Jateng.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Desa (Kades) Jabung, Pramono Hadi, mengatakan ambulans akan digunakan untuk hal-hal yang bersifat kedaruratan. Ambulans itu dikelola oleh Tim Tanggap Bencana Desa Jabung (Jatayu Rescue Team).

“Tidak hanya warga Jabung, warga desa lainnya bisa memanfaatkan ambulans ini,” kata Pramono dalam sambutannya saat penyerahan ambulans.

Bupati Katen, Sri Mulyani, mengatakan ambulans itu tidak hanya untuk warga Jabung. Meski posisi ambulans berada di Jabung, Mulyani menjelaskan ambulans tersebut bisa dimanfaatkan warga dari desa lainnya.

Baca Juga: Dibuka untuk Umum, Ini Pelayanan RSU PKU Muhammadiyah Prambanan Klaten

Saat insiden ambulans Puskesmas Gantiwarno yang sempat viral beberapa bulan lalu, Mulyani datang sendiri ke Jabung untuk mengetahui secara langsung insiden tersebut.

“Saat itu saya tanya apa to masalahe. Dari desa menyampaikan butuh ambulans dan saya sampaikan ya sesok tak goleke. Setelah itu saya sampaikan ke Bank Jateng dan akhirnya disetujui,” kata Mulyani.

Sebelumnya, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gantiwarno, Klaten, digeruduk masyarakat desa Jabung, Gantiwarno, Klaten, Sabtu (30/4/2022). Kedatangan warga dipicu oleh pihak puskesmas menolak meminjamkan mobil ambulans untuk Danang Eko Sudigdo, 47, yang mendadak pingsan setelah bermain bulu tangkis hingga akhirnya meninggal dunia di rumah sakit (RS).

Baca Juga: Satlantas Klaten Klarifikasi Perekam serta Sopir Ambulans, Ini Hasilnya

Saat itu, alasan Puskesmas menolak meminjamkan ambulans lantaran tidak tersedianya sopir dan terkait dengan prosedur Puskesmas. Setelah insiden itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengujungi rumah duka warga Desa Jabung, Minggu (1/5/2022).

Kedatangan Mulyani sebagai bentuk belasungkawa dan permintaan maaf atas insiden yang terjadi di Puskesmas Gantiwarno. Saat itu, Mulyani menjelaskan insiden tersebut murni kesalahpahaman, tidak ada unsur kesangajaan dari dinas. Insiden tersebut lantas menjadi evaluasi bagi Pemkab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya