SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjajal proses tatah sungging dalam pembuatan wayang dalam rangkaian Safari Ramadan di Dukuh Butuh, Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Klaten, Kamis (6/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Istri Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, Annisa Pohan, memborong produk kerajinan warga Desa Sidowarno, Wonosari, Klaten, berupa perhiasan pengantin.

Annisa ikut mendampingi suaminya dan petinggi Partai Demokrat saat mengunjungi Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, dalam Safari Ramadan 2023, Kamis (6/4/2023). Kunjungan itu untuk melihat lebih dekat aktivitas para perajin di desa wisata tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kunjungan dalam rangkaian Safari Ramadan itu juga untuk melihat lebih dekat para perajin wayang kulit di Dukuh Butuh, Desa Sidowarno. Selain wayang kulit, warga setempat memproduksi kerajinan lainnya yang memiliki nilai budaya tinggi seperti bordir payet baju adat serta perhiasan pengantin.

Saat mendatangi perajin perhiasan pengantin, Annisa memborong perhiasan yang terbuat dari kuningan dan tembaga serta berhias permata. Barang-barang yang diborong yakni bros, kalung, sisir, serta giwang. Perajin pun semringah.

“Langsung dibayar tunai. Totalnya seharga Rp5 juta,” kata perajin perhiasan pengantin, Joni Kuwato, 48.

AHY di sidowarno klaten
Perhiasan pengantin hasil karya warga Desa Sidowarno di Joglo Omah Wayang Dukuh Butuh, Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Klaten. Foto diambil Kamis (7/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Joni sudah 30 tahun menjadi perajin perhiasan pengantin. Proses pembuatan kerajinan itu membutuhkan ketelitian serta kejelian. Selama ini, Joni memasarkan karyanya ke para pedagang di wilayah Solo serta Jogja.

“Saya sudah menggeluti usaha ini sejak lulus SD. Sepekan paling bisa menjual dua set mentul,” kata Joni. Pada Safari Ramadan di Desa Sidowarno, Klaten, itu, AHY secara khusus mengapresiasi warga Sidowarno dalam menjaga kelestarian budaya.

Dia mendorong semangat warga melestarikan budaya itu terjaga dari generasi ke generasi. Untuk menjaga semangat itu, AHY menilai perlu penguatan-penguatan termasuk dalam bentuk akses modal agar para perajin itu terus berproduksi dengan baik.

“Kami berharap masyarakat Desa Sidowarno memiliki keunggulan sekaligus kemandirian ekonomi melalui produk yang dipasarkan dengan baik,” kata AHY saat ditemui wartawan di sela kunjungan tersebut.

Menurut Ketua DPC Partai Demokrat Klaten, One Krisnata, kunjungan AHY ke Klaten merupakan yang terakhir dari rangkaian Safari Ramadan di Jawa Tengah yang dimulai dari Brebes, kemudian Semarang, Boyolali, Sragen, dan Solo.

“Rangkaian kegiatan di Klaten pertama di Sidowarno kemudian dilanjutkan ke Mlinjon [Kelurahan Tonggalan, Kecamatan Klaten Tengah] di Kampung Ramadan, setelah itu berkumpul dengan milenial di kota,” kata One.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya