SOLOPOS.COM - Pasar Tunggulsari, Solo akan direvitaslisasi menggunakan dana hibah dari pemerintah UEA. (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO–Pembangunan fisik dan nonfisik yang menggunakan dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) segera direalisasikan. Program pembangunan itu menopang 17 program prioritas yang digeber Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran segera menggunakan dana hibah dari UEA untuk membiayai beragam program pembangunan di Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Pembangunan-pembangunan lanjutan dari dana hibah UEA segera kami realisasikan. Dana hibah sudah ada di rekening,” kata Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka seusai peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo, Senin (30/10/2023).

Catatan Solopos.com, program pembangunan di Solo yang dibiayai dana hibah UEA senilai US$15 juta. Dana hibah itu bakal digunakan untuk proyek revitalisasi Pasar Tunggulsari, bantuan sosial, penanganan rumah tak layak huni (RTLH), dan revitalisasi Keraton Solo.

Selanjutnya, penataan kawasan Baluwarti, pemberian nutrisi ibu hamil berisiko stunting, pemberian nutrisi untuk bayi berisiko stunting.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan pembangunan Islamic Center yang bersebelahan dengan Masjid Sheikh Zayed Solo juga segera terealisasi. Pihak UEA bakal membangun Islamic Center terbesar di Kota Bengawan.

Pemerintah juga bakal membangun terowongan yang menghubungkan Masjid Sheikh Zayed Solo dengan Islamic Center Solo.

“Persiapan pembangunan Islamic Center bakal dibicarakan besok. Dubesnya kan ke sini besok. Tunggu saja nggih,” ujar dia.

Ditanya soal progres pembangunan Taman Balekambang, Gibran menjelaskan pengerjaan pembangunan Taman Balekambang terus digenjot hingga akhir tahun.

Saat ini, Pemkot Solo masih menjajaki pembahasan pengelolaan Taman Balekambang Solo dengan pihak ketiga.

Taman Balekambang Solo digadang-gadang menjadi Taman Ekologi Budaya Jawa yang memiliki bangunan mewah dan megah. “Nanti biar ditindaklanjuti kerjasama dengan Jatim Park,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya