SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelayanan perizinan (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Solo (Solopos.com)–Hasil rapat kerja Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo menyimpulkan anggaran untuk Program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) masih kurang senilai Rp 8,3 miliar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kekurangan tersebut disebabkan keterbatasan dana yang tersisa dalam anggaran perubahan. Sampai saat ini belum ada solusi untuk mengatasi persoalan kekurangan anggaran PKMS.

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny Widyawati, mengatakan berdasarkan hasil rapat Banggar diketahui anggaran PKMS masih kurang senilai Rp 8,3 miliar.

”Dari anggaran PKMS senilai Rp 16 miliar memang masih ada kekurangan anggaran dengan total Rp 8,3 miliar. Sebab dari dana Rp 16 miliar tersebut yang Rp 5 miliar digunakan untuk membayar utang berjalan,” ujarnya, Selasa (9/8/2011).

Reny menambahkan usulan Dinas Kesehatan Kota (DKK) mengenai tambahan dana senilai Rp 8,3 miliar tidak bisa direalisasikan lantaran keterbatasan anggaran. ”Menurut tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) tidak ada lagi anggaran yang tidak tersisa untuk PKMS. Hal ini tentu amat kami sayangkan karena tidak adanya tambahan anggaran dipastikan akan menimbulkan utang baru,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD, Teguh Prakosa, membenarkan kekurangan anggaran untuk PKMS. ”Kami sekarang ini ya pusing karena TAPD mengatakan sudah tidak ada lagi sisa anggaran untuk tambahan PKMS,” ujar Teguh.

Dengan informasi dari TAPD, Teguh mengatakan Komisi IV selaku mitra kerja DKK masih akan melanjutkan perjuangan di tingkat komisi.

”Agak di luar PKMS, sekarang ini pendapatan asli daerah (PAD) kan mengalami peningkatan senilai Rp 10 miliar. Nah dari peningkatan PAD tersebut tentunya kami akan berebut supaya ada sebagian kecil yang digunakan untuk menambah alokasi anggaran PKMS,” tandasnya.

(aps)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya