SOLOPOS.COM - Dandim 0725/Sragen bersama ketua KONI, pengurus Askab PSSI Sragen, dan perwakilan dua tim yang bertanding perdana di babak penyisihan berfoto bersama saat laga pembukaan di Stadion Taruna, Sragen, Minggu (10/9/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak sembilan tim sepak bola usia 13 tahun (U-13) berkompetisi dalam pertandingan Dandim Cup 2023 di Stadion Taruna, Sragen, Minggu (10/9/2023).

Turnamen perdana tersebut diinisiasi Komandan Kodim 0725/Sragen, Letkol (Inf) Yoga Yastinanda untuk mencari bibit-bibit pemain yang baik untuk mengangkat persepakbolaan di Bumi Sukowati.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Turnamen tersebut dibuka sendiri oleh Dandim didampingi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Subono dan Wakil Ketua Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bolak Seluruh Indonesia (PSSI) Sragen, Untung Darmadi, serta Camat Karangmalang Ariska Taminawati. Tim KFC Karangmalang dan GFA Miri menjadi tim pertama yang berlaga di babak penyisihan.

Sebanyak sembilan tim itu terbagi menjadi tiga grup. Grup A terdiri atas KFC Karangmalang, GFA Miri, dan Persaka Tanon. Grup B meliputi DFA Sambirejo, Putra Sukowati Sragen, dan Asri Gemolong. Grup C terdiri atas Halilintas Sidoharjo, Bintang Pelajar Kedawung, dan Indonesia Muda Sragen.

Mereka bertanding dalam satu hari selesai. Mereka bertanding hanya selama 40 menit. Babak semifinal dan final digelar pada Minggu sore ini.

Dandim 0725/Sragen, Letkol (Inf) Yoga Yastinanda, saat ditemui wartawan, Minggu pagi, menyampaikan kegiatan turnamen sepak bola ini dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI dan HUT ke-73 Kodam IV/Diponegoro.

Dia menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk mencari bibit pemain terbaik dan sekaligus sebagai ajang pembinaan sekolah sepak bola (SSB) di Kabupaten Sragen.

“Hari ini yang bertanding ada sembilan SSB. Harapannya, Dandim Cup atau Piala Dandim ini akan terus bergulir setiap tahunnya. Seperti harapan Askab PSSI Sragen, kontestasi sepak bola ini tetap berkelanjutan sampai kompetisi level nasional,” ujar Letkol (Inf) Yoga.

Dia menerangkan Dandim Cup 2023 ini baru kali pertama dilaksanakan dan diinisiasi Dandim sendiri. Dia menginginkan Dandim Cup ini menjadi sarana membina tim-tim sepak bola di Sragen, mulai dari usia dini sampai usia matang.

Dalam kompetisi itu diambil tiga juara utama, yakni juara I mendapat piala dan uang pembinaan Rp3 juta; juara II mendapat piala dan uang pembinaan Rp2 juta, dan Juara III mendapat piala dan uang pembinaan Rp1 juta, serta juara bersama dengan uang pembinaan Rp1 juta.

Selain itu, masih ada juara-juara lainnya, yakni top skor, pemain termuda, pemain terbaik, dan kiper terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya