SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (dua dari kiri) berbincang dengan Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan (MBZ) di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dipastikan jadi melakukan perjalanan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu-Sabtu (25-31/12/2022) setelah mengantongi izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gibran yang rencananya berangkat didampingi istrinya, Selvi Ananda, berkunjung karena memenuhi undangan dari Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Gibran juga menegaskan kunjungan tersebut bukan untuk berlibur.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ia memiliki misi mencari pendanaan untuk membiayai sederet program atau kegiatan pembangunan di Kota Bengawan. Saat diwawancarai wartawan belum lama ini di Gedung DPRD Solo, Gibran memerinci program-program tersebut.

“Nyari bantuan-bantuan hibah untuk menutup, eh mengejar beberapa kekurangan yang ada di Solo,” ujar dia. Dana hibah yang didapat dari kunjungan ke Uni Emirat Arab akan digunakan seperti untuk program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Ada juga program perbaikan ruas-ruas jalan kampung, kegiatan posyandu, penanganan stunting, serta kegiatan lain di bidang kesehatan dan pendidikan. “Itu saja. Untuk nominalnya nanti saya kasih tahu saat sudah pulang ya,” jelasnya.

Baca Juga: Wah, Gibran Dapat Izin Berangkat ke UEA untuk Cari Dana Pembangunan Solo

Gibran menyadari perlunya mendapatkan dana hibah dari UEA untuk mengakselerasi pembangunan Solo. Hubungan baik antara UEA dengan Kota Solo membuka pintu bagi masuknya pendanaan baru di luar yang sudah ada.

Pendanaan-pendanaan itu dibutuhkan mengingat masih ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang mesti dituntaskan Gibran pada periode pertama kepemimpinannya. Terkait kunjungan tersebut, Gibran telah mendapat izin Mendagri.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan berada di UEA selama beberapa hari pada akhir tahun ini. Gibran optimistis kunjungan ke Uni Emirat Arab akan membuahkan hasil manis dan membawa pulang dana hibah yang dibutuhkan untuk pembangunan Kota Solo.

Baca Juga: Cari Pendanaan ke UEA Akhir Tahun Ini, Wali Kota Gibran Tunggu Izin 

“Sudah [telah mendapatkan izin dari pemerintah pusat], besok Minggu berangkat ya, tadi Pak Sekda sudah tak panggil untuk memperbarui proposalnya. Insyaallah goal,” kata Gibran saat diwawancara wartawan di Kompleks Balai Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya