SOLOPOS.COM - Sepeda motor pemudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta sudah dibongkar di Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (27/4/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO – Ratusan sepeda motor bakal diangkut menggunakan truk dari Terminal Tirtonadi untuk dikembalikan ke kota asal melalui program Mudik Gratis Kemenhub.

Ratusan pemudik mulai mendaftarkan sepeda motornya untuk diangkut ke kota asal pada program Mudik Gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pendaftaran dan penyerahan kendaran dimulai Kamis (5/5/2022) pukul 08.00 WIB di kompleks Terminal Tirtonadi Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pegiat event organizer (EO) program Mudik Gratis Kemenhub di Terminal Tirtonadi, Yeldi Ramadan, mengatakan sepeda motor terdaftar akan diberangkatkan Kamis (5/5/2022) malam. “Dari Kementerian Perhubungan, hari ini untuk penyerahan motor. Nanti malam langsung dikirim. Ini didata sampai selesai hari ini. Kalau sudah selesai, kita data ulang langsung dinaikkan ke truk,” jelas Yeldi saat ditemui Solopos.com, Kamis.

Setidaknya sudah ada 100 sepeda motor terdaftar per Kamis pukul 12.00 WIB. Tidak hanya dari Kota Solo, namun daerah Soloraya. “Sudah 98 motor hingga pukul 12. 00 WIB. Itu ada lagi, seratus lah,” jelasnya.

Kemenhub sendiri menyediakan kuota 210 sepeda motor baik untuk arus mudik dan arus balik. Saat arus mudik, hanya ada sekitar 143 sepeda motor yang tiba di Terminal Tirtonadi. Dari data tersebut, jumlah kendaraan roda dua yang dikembalikan ke kota asal diprediksi menyusut pada arus balik.

Baca Juga: Catat Lur! Ini Jadwal Perjalanan Balik Mudik Gratis Kemenhub Dari Solo

Hal itu disebabkan cuti bersama hanya berlangsung hingga Jumat (6/5/2022). Sementara rencananya, bus penumpang Mudik Gratis akan berangkat terakhir Minggu (8/5/2022). Menurut Yeldi, kondisi tersebut memunculkan inisiatif pemudik untuk berangkat sendiri menggunakan kendaraan.

“Kalau sekarang asumsinya mengalami penyusutan. Karena penumpang itu tanggal 9 Mei 2022 udah masuk [selesai cuti]. Mungkin bisa mengalami penyusutan ya karena itu. Jadi ada yang naik motor juga dan dibawa sendiri motornya,” katanya.

Ada 140 sepeda motor yang diperkirakan menggunakan layanan Mudik Gratis Kemenhub pada arus balik. Jumlah tersebut tak jauh berbeda dengan jumlah sepeda motor yang tiba di Terminal Tirtonadi lalu.

Baca Juga: Pemudik Pakai Kaus “Anies Presiden” saat Mudik Gratis, Ini Respons PSI

Tidak ada proses ekstra untuk pengepakan sepeda motor yang diangkut. Yeldi mengatakan, pengangkutan kendaraan dilakukan dengan profesional oleh jasa angkut kendaraan. EO nantinya hanya mendata dan mengawasi sepeda motor dengan data yang telah diterima dari pemudik, yakni Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik, dan data diri penumpang bus.

Mengingat pemilik sepeda motor juga akan diangkut menggunakan bus Mudik Gratis. “Kita hanya mendata sesuai motornya nanti yang naikin dari [petugas] truk. Kita hanya pengawasan saja datanya. Ini STNK, KTP, sama penumpangnya,” imbuh dia.

Salah satu pemudik asal Sragen, Sapto mengaku menggunakan layanan truk pengangkut sepeda motor dan bus Mudik Gratis Kemenhub. Usai menitipkan kendaraannya, Sapto juga langsung mendapat tiket bus untuk ia dan keluarganya.

Baca Juga: Data Program Mudik Gratis Lebaran 2022 Solo

Saking Sragen, titip motor langsung tiket [penumpang],” kata Sapto saat diwawancara Solopos.com, Kamis. Rencananya, ia sekeluarga berangkat menggunakan bus Mudik Gratis Kemenhub Minggu (8/5/2022) pukul 10.00 WIB dengan prediksi tiba di Tangerang sekitar pukul 22.00 WIB.

“Berangkat 8 Mei 2022 10.00 WIB. Kalau motor tujuannya di Tangerang juga, sama tapi lokasi berbeda. Kalau penumpang di Terminal Poris,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya