SOLOPOS.COM - Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum. (Solopos.com/Akhmad Luidyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karanganyar terpaksa mengembalikan berkas pendaftaran 45  bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari PDIP pada Kamis (11/5/2023). Berkas dikembalikan kurang dari dua jam setelah masuk melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, mengatakan ada perbedaan dokumen daftar bacaleg yang diterima KPU dengan input data bacaleg DPRD Kabupaten Karanganyar oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Perbedaan data ini diketahui setelah KPU melakukan verifikasi pengajuan bacaleg tersebut. “Perbedaan dokumen kita temukan pada status jenis kelamin bacaleg. Misalnya bacaleg A harusnya laki-laki, namun di data yang diinput DPP melalui Silon jenis kelaminnya perempuan,” kata dia dijumpai wartawan di kantor KPU Karanganyar pada Kamis sore.

Maksum mengatakan berkas pendaftaran bacaleg PDIP telah terinput melalui Silon pukul 14.20 WIB. Kemudian berkas dikembalikan ke DPC PDIP pukul 16.00 WIB untuk diperbaiki. Selanjutnya partai politik diberikan batas waktu perbaikan data dokumen paling lambat 14 Mei pukul 23.59 WIB.

Maksum mengaku tidak tahu kenapa terjadi perbedaan dokumen berkas bacaleg tersebut. Diduga perbedaan dokumen berkas bacaleg terjadi karena kesalahan teknis saat input data Silon.”Secara nama sebenarnya sudah benar. Hanya jenis kelaminnya tidak sinkron,” kata Maksum.

Ketidaksinkronan dokumen itu ditemukan pada data bacaleg PDIP di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 dan 5. Di Dapil 1, hampir seluruh dokumen bacaleg tersebut tidak sinkron. Sedangkan di Dapil 5 hanya ditemukan dua bacaleg yang dokumennya tidak sinkron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya