SOLOPOS.COM - Grup musik De Java Keroncong tampil menghibur para tamu undangan acara Sanja Warga dan peluncuran buku Geliat Solo di Tangan Gibran Wali Kota Karbitan di Taman Pracima Mangkunegaran Solo, Jumat (23/12/2022) malam. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Penampilan grup De Java Keroncong menghibur dan menyambut para tamu acara Sanja Warga sekaligus peluncuran buku Geliat Solo di Tangan Gibran Wali Kota Karbitan di Taman Pracima atau Pracima Tuin, Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (23/12/2022) malam.

De Java Keroncong sebelumnya juga menjadi salah satu kelompok seniman yang tampil pada acara ngunduh mantu nikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan pantauan Solopos.com, ada tujuh personel yang tampil di Pracima Tuin. Mereka mengenakan pakaian putih serta jarit. Salah satu anggota De Java Keroncong, Nur Muchlis alias Mumu, menjelaskan De Java Keroncong merupakan kolompok musik kampus sejak 1990-an sampai 2000.

Para anggota grup musik yang tampil pada acara Sanja Warga dan peluncuran buku Geliat Solo di Tangan Gibran Wali Kota Karbitan itu semula kebanyakan dari mahasiswa Program Studi Sastra Daerah Universitas Sebelas Maret (UNS) dan mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Selanjutnya mereka mengembangkan De Java Keroncong hingga kini. Sejumlah pendiri De Java Keroncong merupakan seniman hebat di Kota Bengawan. “Sruti Respati merupakan salah satu pendirinya. Beliau merupakan alumnus Sastra Daerah UNS,” kata dia kepada Solopos.com.

Baca Juga: Sanja Warga-Peluncuran Buku Gibran di Solo, Hujan Tak Halangi Tamu Berdatangan

Menurut dia, De Java Keroncong biasanya tampil untuk acara wedding dan event. De Java Keroncong tampil untuk event kampus, event berkelas nasional, dan event internasional. Event besar yang diikuti De Java Keroncong tampil pada ngunduh mantu Presiden Jokowi di Pamedan Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

Personel Guru dan Dosen

“Sangat merasa beruntung mendapatkan kesempatan yang baik. Teman-teman perform mengiringi Mas Kaesang dan Mbak Erina masuk ke Pura Mangkunegaran dsri Loji Gandrung,” jelasnya.

Personel De Java Keroncong yang tampil untuk Sanja Warga dan ngunduh mantu Presiden Jokowi merupakan angkatan 2010 ke atas. Hal unik selain tampil untuk pesta rakyat pernikahan keluarga Presiden Jokowi, mayoritas personel De Java Keroncong adalah guru dan dosen.

Baca Juga: Peluncuran Buku Gibran Wali Kota Karbitan Malam Ini, Pelajar Ikut Diundang

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Solo menggelar Sanja Warga dengan tema “Tak Sekadar Membangun Citra Kota”. Setelah santap makan malam, acara akan dibuka dengan Pelajar Bersuara.

Pemkot Solo telah mengundang para pelajar Soloraya untuk berpartisipasi dalam Lomba Menulis dengan tema “Andai Aku Jadi Mas Gibran” yang digelar pada 8-22 Desember 2022.

Lomba ini bisa diikuti siswa kelas III-VI sekolah dasar (SD) dan SMP sederajat. Tiga pemenang untuk masing-masing kategori SD dan SMP akan mendapatkan hadiah dengan total nilai jutaan rupiah dan bisa bertemu langsung Wali Kota Solo pada Sanja Warga.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Buku Gibran Wali Kota Karbitan Dirilis Besok di Taman Pracima

Setelah itu, masuk sesi rembuk warga yang membicarakan pembangunan Kota Solo pukul 19.30 sampai 20.00 WIB. Berikutnya sesi ngobrol “Tak Sekadar Membangun Citra Kota” pada pukul 20.00 sampai 20.40 WIB.

Sebagai acara puncak ada peluncuran logo baru Solo The Spirit of Java, maskot Kota Solo berupa Canthik Rajamala, logo Hari Ulang Tahun ke-278 Kota Solo, serta buku Geliat Solo di Tangan Gibran Wali Kota Karbitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya