SOLOPOS.COM - Dam Colo. (dok Solopos)

Dam Colo. (dok Solopos)

Sukoharjo (Solopos.com)--Perum Jasa Tirta I Wilayah Bengawan Solo memastikan pembukaan kembali Bendung Colo, Selasa (1/11/2011) ini mulai pukul 06.00 WIB, setelah berakhirnya masa pemeliharaan selama bulan Oktober.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Namun debit air ke saluran Colo Barat dan Colo Timur belum sepenuhnya normal karena keterbatasan air di Waduk Serbaguna Wonogiri.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) Perum Jasa Tirta I Wilayah Bengawan Solo, Winarno Susilardi, Senin (31/1/2011) sore.

Dia mengatakan air akan dialirkan ke Colo Barat dan Colo Timur dengan debit kecil, menyesuaikan dengan ketersediaan air di Waduk Serbaguna Wonogiri.

“Sesuai hasil rapat TKPSDA (tim koordinasi pengelola sumber daya air) rencana dibuka lagi mulai tanggal 1 (Nopember) pukul 06.00 WIB. Tapi debitnya baru dialokasikan satu meter kubik untuk Colo Barat dan empat meter kubik di Colo Timur,” paparnya melalui telepon genggam.

Winarno menyebutkan kemampuan penyaluran air dua saluran Colo sangat terbatas setelah pada bulan September lalu air digelontorkan dalam jumlah besar. Dia menyatakan  Colo Barat dan Timur baru akan kembali normal memasuki akhir pekan ke-3 bulan Nopember.

Debit air yang sementara cukup kecil, kata dia, sekaligus berfungsi untuk pembasahan saluran Colo.

“Jadwalnya tanggal 19 (Nopember) debit air ke Colo Barat dan Colo Timur bisa tambah besar. Tapi saya lupa angka persisnya berapa, nanti saya buka dulu. Yang jelas tanggal 19 itu sudah mulai normal lagi alirannya,” imbuh Winarno.

Terpisah Ketua Induk Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Colo Timur, Sarjanto, menegaskan sampai Senin (31/10/2011) atau satu hari jelang pembukaan Bendung Colo, tidak ada pemberitahuan perubahan dari Perum Jasa Tirta. Karena itu menurut dia bisa dipastikan Bendung Colo akan dibuka sesuai jadwal.

“Sampai Senin ini tidak informasi perubahan. Dengan demikian semua tetap sesuai hasil rapat TKPSDA, Colo Barat dan Colo Timur dibuka lagi 1 Nopember pukul 06.00 WIB,” terangnya.

Terkait debit air ketika pembukaan saluran yang sangat kecil, Sarjanto mengaku telah memperkirakannya.

Dikemukakan, sambil menunggu debit kembali normal, P3A telah meminta petani mempersiapkan kegiatan penanaman pada musim tanam (MT ) I. Hal itu agar ketika debit air kembali normal, petani bisa langsung menanam di areal sawahnya masing-masing.

(try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya