SOLOPOS.COM - Ilustrasi nyamuk penyebar demam berdarah. (JIBI/Solopos/Dok.)

Demam berdarah Solo menewaskan 15 orang tahun 2016 lalu.

Solopos.com, SOLO — Penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjangkiti 751 warga Kota Bengawan sepanjang 2016. Dari jumlah tersebut, angka kematian akibat keganasan penyakit yang disebarkan nyamuk aedes aegypti sebanyak 15 kasus.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Purwanti, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Efi S. Pertiwi mengungkapkan angka kasus DBD 2016 meningkat hampir 60% dibanding 2015 lalu tercatat 471 kasus, dengan angka kematian sembilan kasus.

“Tren kasus DBD terus meningkat. Peningkatan DBD terjadi mulai April lalu dan ini rekor dalam sejarah jumlah kasus mencapai 751 kasus,” kata dia ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Jumat (6/1/2017).

Ia menyebut kasus DBD ini masih didominasi anak-anak dengan prosentase mencapai 65%. Masih rendahnya kesadaran warga dalam menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menjadi salah satu faktor pemicu meningkatnya kasus DBD.

Temuan kasus DBD tersebut menurut dia tersebar di wilayah Kota Solo. Kelurahan Mojosongo dan Kadipiro masih menjadi daerah dengan jumlah temuan kasus DBD terbanyak.

Meski tergolong tinggi, Pemkot belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) kasus DBD. KLB akan ditetapkan jika kasus DBD melonjak dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Efi S. Pertiwi menambahkan tingginya kasus DBD tidak hanya terjadi di Kota Solo, namun hampir merata di seluruh daerah di Provinsi Jawa Tengah. Menurutnya ada fenomena yang tidak biasa dari tahun-tahun sebelumnya.

Selain disebabkan oleh rendahnya perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat juga dugaan oknum layanan kesehatan rumah sakit mencatat pasien sebagai penderita DBD. Dugaan itu kali pertama muncul dari Provinsi Jawa Tengah melihat fenomena meningkatnya kasus DBD.

“Tapi ini masih dugaan dan tidak bisa menjadi patokan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya