SOLOPOS.COM - Ketua ICSB Kabupaten Karanganyar Joko Sutrisno (bawah) melantik pengurus ICSB Kecamatan Karanganyar di Green Resto, Karanganyar, Jateng, Selasa (10/11/2020). (Solopos.com-Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pengurus International Council for Small Business (ICSB) Kabupaten Karanganyar, Selasa (10/11/2020), melantik pengurus ICSB Kecamatan Karanganyar  di Green Resto, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pelantikan pengurus itu diharapkan membantu para pelaku UMKM di Kecamatan Karanganyar semakin berkembang.

Ketua ICSB Kabupaten Karanganyar, Joko Sutrisno, mengatakan pengurus ICSB di kecamatan ditugaskan membantu perkembangan para pelaku UMKM berbagai sektor. Menurutnya, adanya ICSB diharapkan bisa mendorong UMKM untuk berkembang dan naik level secara bertahap.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Siapkan Rumah Hadapi Musim Penghujan!

“Kami harap dengan adanya kepengurusan ini di Kecamatan Karanganyar bisa membantu pelaku UMKM di Karanganyar untuk naik level. Naik level dalam artian yang dulunya usaha kecil berkembang menjadi menengah, yang menengah naik jadi usaha berskala besar,” jelas dia kepada Espos di sela-sela acara.

Bendahara ICSB Karanganyar, Lusi Andri Endarnowati, mengatakan di Kecamatan Karanganyar dia menghitung sedikitnya ada 400 pelaku UMKM yang tergabung dalam ICSB. Menurutnya, ICSB membantu dalam hal wadah pengembangan usaha dan promosi usaha serta berbagai program.

Berkembang Pesat

Dengan demikian, diharapkan keberadaan ICSB di Kecamatan Karanganyar bisa membantu usaha masyarakat semakin berkembang pesat.

“Banyak manfaatnya. Kami paling tidak bisa membantu promosi dan mengenalkan usaha-usaha apa saja yang dimiliki para anggota. Jadi bisa membentuk pasar dengan lingkup kecamatan. Usahanya kan banyak juga yang sama, ini bagus juga karena bisa mendorong masing-masing untuk lebih inovatif dan bersaing secara sehat,” beber dia.

Rumah Sehat Kata Fengsui Bikin Bahagia

Sementara itu, Kepala Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Martadi, mengatakan ICSB harus bisa mengembangkan sektor UMKM di Karanganyar. Khusus di Kecamatan Karanganyar menurutnya, harus bisa lebih baik dibandingkan lainnya karena notabene wilayah yang ada di kota. Sehingga bisa menjadi contoh bagi ICSB di kecamatan yang ada di desa lainnya.

“Ekspektasi kami tentu bisa membantu memajukan sektor UMKM Karanganyar. Harus bisa menjadi lebih baik dibandingkan lainnya. Apalagi di tengah pandemi saat ini bisa dimanfaatkan menjadi kesempatan untuk bangkit dan memulihkan ekonomi yang kemarin sempat tersendat,” ujar dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya