SOLOPOS.COM - Satgas Ganjal Ban ini dikerahkan di jalur tanjakan seperti kawasan wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso, Jawa Tengah pada masa libur Lebaran 2023. (Solopos.com/Indah SW)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kawasan wisata di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dibanjiri wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia selama libur Lebaran 2023.

Tak sedikit wisatawan menguasai medan jalan berupa jalur tanjakan ekstrim dan curam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Beberapa kendaraan wisatawan bahkan tak kuat melaju di jalur tanjakan tersebut.

Tim Satgas Ganjal Ban di lokasi langsung sigap mengamankannya.

Ketua Umum Sentra Komunikasi (Senkom), Katno Hadi mengatakan anggota Senkom Mitra Polri diterjunkan khusus di jalur-jalur tanjakan tersebut.

Mereka dibekali dengan ganjal ban balok kayu untuk mengamankan kendaraan wisatawan yang tak kuat menanjak dj jalur tanjakan.

“Kita temukan banyak kendaraan wisatawan tak kuat menanjak. Tim Satgas Ganjal Ban langsung gerak cepat mengganjal ban kendaraan itu dan membantu pengemudi bisa melewati jalur tanjakan,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (27/4/2023).

Satgas Ganjal Ban ini dikerahkan di jalur tanjakan seperti kawasan wisata di Tawangmangu dan Ngargoyoso.

Kawasan wisata ini menjadi jujukan wisatawan dari berbagai daerah saat mengisi hari libur Lebaran.

Dalam sehari, dia mengatakan ada belasan kendaraan yang dibantu Satgas Ganjal Ban karena tak kuat menanjak.

“Semua kami kerahkan untuk membantu Polri dan TNI serta pemerintah setempat dalam memberikan pengamanan dan pelayanan, baik mulai dari arus mudik, perayaan lebaran dan arus balik,” kata dia.

Dia berharap kehadiran anggota Senkom bisa memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat yang saat ini sedang merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing.

Di Pulau Jawa, pihaknya mengerahkan sebanyak 1.800 anggota Senkom dalam membantu tugas Polri, TNI, dan pemerintah di setiap pos pelayanan dan pengamanan di wilayah masing-masing, termasuk dikerahkan di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy mengatakan Satgas Ganjal Ban dikerahkan di jalur tanjakan curam dan terjal.

Satgas Ganjal Ban melibatkan unsur TNI, Polri, Senkom dan sukarelawan dari berbagai organisasi.

Kapolres mengapresiasi keterlibatan berbagai pihak yang telah membantu tugas Polri untuk bersama-sama menjadikan masyarakat yang sedang menikmati liburan Lebaran dan arus balik merasa nyaman.

Hal ini merupakan sinergitas bersama dalam menciptakan situasi Lebaran menjadi aman dan nyaman.

“Tim yang tergabung dalam Satgas Ganjal Ban mereka setiap saat selalu standby di beberapa titik rawan kemacetan khususnya jalur tanjakan,” katanya.

Satgas Ganjal Ban ditempatkan di jalur yang memiliki kemiringan 45 derajat seperti di Sumokado ke atas dan jalur Gondosuli. Selain itu di jalur wisata kebun teh Kemuning, Ngargoyoso.

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Aliet Alphard mengatakan lonjakan arus lalu lintas di kawasan wisata terjadi sejak Minggu (23/4/2023).

Arus lalu lintas di jalur-jalur wisata tersebut ramai lancar.

Pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas di sejumlah lokasi.

“Rekayasa lalu lintas sifatnya situasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya