SOLOPOS.COM - Warga Desa Hadiluwih, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, berunjuk rasa di depan balai desa setempat, Rabu (4/1/2016). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Demo Sragen berlangsung di Hadiluwih Sumberlawang.

Solopos.com, SRAGEN — Ratusan warga Desa Hadiluwih, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, menggelar aksi unjuk rasa di depan balai desa setempat, Rabu (4/1/2017). Mereka mendesak aparat penegak hukum menindak Kepala Desa Hadiluwih Wiranto yang diduga melakukan praktik korupsi dana desa.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Para pengunjuk rasa membawa sejumlah poster berisi tuntutan agar pihak berwenang menegakkan hukum. Warga juga berorasi secara bergantian untuk menyuarakan aspirasi mereka.

“Tenaga kerja diduitne sama pemdes. Kalo gak kerja bakti didenda Rp50.000. Lalu ke mana larinya uang kerja bakti? Dalan elek, mlebu desa isine blethok [lumpur]. Ke mana larinya uang dana desa. Pembangunan jalan sing mikir malah [warga] yang di perantauan,” kata Purwanto, perwakilan RT 006 Hadiluwih, dalam orasinya.

Sementara Sri Mulyono, warga Dukuh Kedungdowo Hadiluwih, menyatakan SPJ dan RAB sudah dibuat untuk pembangunan gorong-gorong tapi tak ada kegiatannya. “Ini menandakan masyarakat sudah dibohongi,” ungkap dia berorasi.

Setelah berorasi selama beberapa waktu, perwakilan warga mengikuti audiensi bersama pihak kepolisian, pemerintah desa dan Danramil Sumberlawang.

Sementara, Kades Hadiluwih Wiranto menyatakan menerima aspirasi dari warga. “Terkait masalah ADD [alokasi dana desa] dan DD [dana desa] semua sudah ditangani Inspektorat dan Polres. Nanti hasilnya apa saya terima. Saya tanggung jawab apa akibatnya. Kita warga negara yang baik, kita taat hukum,” kata dia yang disambut sorakan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya