SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kabupaten Sragen, Budiono Rahmadi. Foto diambil Rabu (7/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Sejumlah pimpinan partai politik (parpol) di Kabupaten Sragen merespons positif penetapan nomor urut parpol peserta Pemilu 2024. Sebagian parpol memilih nomor urut lama. Salah satunya adalah Partai Demokrat yang tetap menggunakan nomor urut 14.

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi, menyebut 14 merupakan angka keberuntungan bagi partainya yang memiliki tagline Kita Siap. Kebetulan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Anggota Legislatif juga berlangsung pada 14 Februari 2024.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Dengan angka 14 itu memudahkan orang mengingatnya dan mudah dalam berkampanye. Untuk mengingatkan orang untuk coblos Partai Demokrat jangan lupa nomor 14. Angka 14 juga dijadikan program unggulan Partai Demokrat yang jumlahnya 14 program. Dengan kerja keras, Partai Demokrat ditargetkan bisa masuk dalam tiga besar parpol perolehan terbanyak, khususnya di Sragen,” jelasnya kepada Solopos.com, Jumat (16/12/2022).

Pria yang akrab disapa Mas Bro ini menerangkan 14 program prioritas Partai Demokrat itu di antaranya ciptakan lapangan kerja, batasi tenaga asing, sediakan cukup BBM, serta subsidi listrik dan pupuk. Selain itu naikan gaji pegawai, tingkatkan upah buruh, setop impor pangan, bantu UMKM, dan tingkatkan kesejahteraan.

Baca Juga: PDIP Nomor Urut 3 Peserta Pemilu 2024, Gibran: Bagus, Semoga Jadi Keberuntungan

Terpisah, Bendahara DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sragen, Sugiyamto, juga menyambut positif digunakan kembali nomor 3 untuk nomor urut partainya. “PDIP memilih untuk menggunakan lagi [nomor 3]. Nomor urut lama itu lebih efektif. Pada 2019 sudah menggunakan nomor urut 3 sehingga mudah dalam sosialisasi,” ujarnya.

Nomor 3, sambung Sugiyamto, identik dengan PDI yang dulu sebelum menjadi PDIP. Nomor 3 itu juga identik dengan merah metal atau merah total. Dengan nomor itu sosialisasi ke masyarakat dinilai lebih mudah.

Sugiyamto menerangkan penggunaan nomor 3 itu juga jadi lebih irit.  Alat peraga saat Pemilu 2019 lalu bisa dipakai kembali karena nomornya sama. Selain itu, kata dia, kaus partai dengan nomor urut 3 masih bisa digunakan, termasuk umbul-umbulnya.

Ketua KPU Sragen, Minarso, mengungkapkan pengundian nomor urut parpol itu menjadi wewenang KPU pusat. Dia menerangkan tugas KPU Sragen sudah menginformasikan tentang nomor urut parpol tersebut dalam Forum Konsultasi Publik terkait penentuan daerah pemilihan (Dapil) di Hotel Front One selama Rabu-Kamis (14-15 Desember 2022). Nomor parpol itu, kata dia, mestinya sudah tetap.

Baca Juga: Partai Buruh Lolos Pemilu, Puluhan Buruh Geruduk Kantor Gubernur Jateng

Berikut ini daftar Parpol Peserta Pemilu beserta nomor urutnya:

Daftar Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di Sragen

1 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2 Partai Gerindra

3 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

4 Partai Golkar

5 Partai Nasdem

6 Partai Buruh

7 Partai Gelombang Rakyat Indonesia

8 Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9 Partai Kebangkitan Nusantara

10 Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)

11 Partai Garda Perubahan Indonesia

12 Partai Amanat Nasional (PAN)



13 Partai Bulan Bintang (PBB)

14 Partai Demokrat

15 Partai Solidaritas Indonesia

16 Partai Perindo

17 Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Partai Politik Lokal Aceh

18 Partai Nanggroe Aceh

19 Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa

20 Partai Darul Aceh

21 Partai Aceh

22 Partai Adil Sejahtera Aceh (PAS Aceh)

23 Partai SIRA (Soliditas Independen Rakyat Aceh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya