SOLOPOS.COM - Para peserta pelatihan bela negara berpose bersama di Barepan, Cawas, Klaten, Minggu (14/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Pemerintah Desa (Pemdes) Barepan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran bela negara di desa setempat pada Minggu, (14/5/2023).

Kegiatan yang diikuti seluruh perangkat desa (perdes), anggota BPD, dan RT/RW tersebut menghadirkan tiga narasumber. Masing-masing Babinsa Koramil 20/Cawas, Sutrisno; Babinkamtibmas Polsek Cawas, Wardoyo; dan Camat Cawas Moh., Prihadi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Desa (Kades) Barepan, Irmawan Andriyanto, mengatakan kesadaran bela negara merupakan satu hal yang esensial dan harus dimiliki setiap warga negara Indonesia (WNI). Hal ini menjadi modal dasar sekaligus kekuatan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan, serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

“Hal itu sebagai penguatan kelembagaan di desa yang cinta Tanah Air, mempunyai semangat kebangsaan nasionalisme, patriotisme, dan berkepribadian Pancasila yang berdasarkan kepada Undang Undang Dasar 1945,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu siang.

Melalui kegiatan tersebut, Irmawan Andriyanto berharap, pendidikan bela negara akan terus terpatri. Sehingga semangat nasionalisme dan berperan aktif menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat tetap terjaga di kalangan generasi penerus bangsa.

“Saya harap mudah-mudahan apa yang didapat dalam pelatihan ini bisa diimplementasikan sebaik mungkin. Sehingga memberikan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara,” katanya.

Camat Cawas, Moh., Prihadi, mengapresiasi adanya pelatihan bela negara yang dilakukan Pemdes Barepan. Melalui kegiatan tersebut bisa membentuk masyarakat berwawasan kebangsaan agar lebih mengokohkan dalam berbangsa dan bernegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya