SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Pemerintah Desa (Pemdes) Potronayan, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali bersama jajaran warga setempat merintis keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bergerak di bidang industri mebeler.

Hal itu dikemukakan Kepala Desa (Kades) Potronayan, Sugeng ketika ditemui Espos di kediamannya, Kamis (15/7). “Perintisan BUMDes tersebut dimulai pada bulan Februari 2010, dan saat ini baru berjalan sekitar empat bulan,” ujar Sugeng.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sugeng mengungkapkan pembentukan BUMDes di desa tersebut berawal dari keikutsertaan sejumlah warga dalam kegiatan pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Boyolali pada tahun 2009 lalu. Sementara pelaksaannya pada tahun 2010 ini, memperoleh dukungan dalam kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPMD) melalui program Peningkatan Kualitas Hidup (PKH).

“Pembentukan BUMDes tersebut juga dikuatkan dengan Peraturan Desa (Perdes). Sedangkan perintisannya dimulai dengan memberdayakan asset dan modal yang sudah dimiliki sebelumnya antara lain peralatan dan tenaga. Bidang produksi mebeler dipilih karena potensi tersebut dimiliki oleh Desa Potronayan,” terang Sugeng.

Lebih lanjut Sugeng mengatakan dalam pengelolaan, pihak Pemdes telah membentuk pengurus BUMDes dan operasionalnya diawasi pihak Pemdes. Dalam perintisan BUMDes tersebut, Sugeng mengatakan Pemdes dan pengurus BUMDes bekerja sama dengan PT Indo Antiq di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo yang juga bergerak di bidang mebeler.

Selama empat bulan dioperasikan, Sugeng mengatakan BUMDes telah menghasilkan keuntungan bersih rata-rata Rp 1 juta per bulannya.

BUMDes di Desa Potronayan tersebut, lanjut Sugeng, menurut rencana akan menjadi salah satu BUMDes yang ditunjuk Pemkab Boyolali untuk menjadi pilot project bagi pembentukan BUMDes di desa-desa lain di wilayah tersebut.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya