SOLOPOS.COM - Detour track yang tengah dibangun di sebelah barat rel lama Simpang Joglo, Jumat (24/6/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pembangunan detour track atau jalur pengalihan kereta api (KA) di Simpang Joglo, Banjarsari, Solo, masih terus dikerjakan. Sejauh ini proyek tersebut masih dalam tahap pemasangan di sisi utara.

Pengamatan Solopos.com, Selasa (5/7/2022), pembuatan trek pengalihan itu masih terus dilakukan. Terdapat beberapa alat berat yang dikerahkan untuk membongkar bangunan rumah di kawasan simpang sisi utara.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Site Manajer Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, kepada Solopos.com, Selasa (5/7/2022), mengatakan sejauh ini masih ada rumah yang belum dibongkar untuk detour track.

“Sekarang masih proses pembongkaran rumah yang baru dibebaskan lahannya. Masih ada 200 meter yang nantinya akan menyambungkan dari utara ke selatan,” ujarnya mengenai pembangunan detour track Simpang Joglo, Solo.

Selain itu, gardu pengawasan kereta api yang semula ada di tengah, kini dipindah ke arah utara, tepatnya di pojok mendekati Pasar Nusukan. Menurut Dendy, gardu ini sifatnya sementara, mengingat nantinya ketika rel layang sudah dibangun, tidak perlu lagi ada gardu pengawas.

Baca Juga: Sempet Terkendala Cuaca, Detour Track Simpang Joglo Solo Sudah 80%

“Gardu ini sifatnya hanya sementara, kurang lebih untuk dua tahun. Karena nantinya ketika rel layang sudah jadi, jalur kereta kan dipindah ke atas, jadi tidak perlu ada gardu pengawas lagi,” terangnya.

Sesuai jadwal yang dirilis Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng), pembangunan detour track di Simpang Joglo, Solo, ditargetkan selesai pada 8 Juli.

Sedangkan mengenai pemindahan Pasar Joglo yang terkena proyek rel layang, Dendy mengatakan pasar itu akan dipindah sementara ke TPU Bonoloyo ketika rel layang mulai dibangun. Lalu saat pembangunan underpass dimulai, Pasar Joglo akan dipindahkan secara permanen di daerah Sekip.

Baca Juga: Progres Proyek Rel Layang Joglo Solo: Rel Eksisting Digeser 3 Meter

“Untuk Pasar Joglo nantinya dipindah sementara saat pembuatan rel layang, rencananya di depan TPU Bonoloyo. Nanti pas pembuatan underpass pindah permanen di daerah Sekip, arah pintu tol Gondangrejo,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya