SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)--Kalangan anggota DPRD Kabupaten Boyolali menilai kebijakan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) setempat untuk melakukan anjuran eradikasi dengan tujuan memutus rantai serangan hama wereng batang coklat (WBC) dan menggantinya dengan tanaman jagung, sudah tepat.

Namun terkait hal itu, Dewan meminta Pemkab terlebih dahulu melakukan uji coba terhadap benih jagung bantuan dari pemerintah, sebelum diberikan kepada petani.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Kebijakan yang sudah diambil Dispertanbunhut sudah sangat tepat. Apalagi saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) juga sudah mulai menggelontorkan bantuan benih jagung jenis CBN. Namun Dispertanbunhut juga harus tetap memperhatikan. Jangan sampai petani, sudah jatuh tertimpa tangga pula. Sebab di beberapa daerah, terutama di Jawa Timur, banyak tanaman jagung terserang penyakit kresek. Jangan sampai hal tersebut terjadi di Boyolali,” ujar Anggota Komisi III DPRD Boyolali, Tugiman B Semita kepada wartawan, Kamis (24/6).

Diungkapkan Tugiman, benih jagung bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah antara lain adalah jenis jagung CBN yang notabene varietasnya sama dengan jenis jagung yang ditanam kepada kalangan petani di beberapa daerah lainnya, terutama di Jawa Timur tersebut.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya