SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Solopos.com)–Memperingati HUT ke-66 Kemerdekaan RI, Dewan Kesenian Karanganyar menggelar aneka lomba kesenian. Lomba tersebut antara lain macapat dan geguritan untuk masyarakat umum dan kalangan siswa SMA dan SMK, digelar di SMPN 5 Karanganyar.

Selain itu, lomba macapat juga diikuti oleh berbagai komunitas pecinta macapat dari berbagai desa di Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sedangkan lomba lukis dan tari Kencar-Kencar khusus siswa SD, dilaksanakan di Pendapa Rumah Dinas Bupati. Sekretaris Dewan Kesenian Karanganyar, Nugroho, mengatakan sebelumnya sudah pernah digelar lomba tari Kencar-Kencar untuk siswa SMP dan SMA.

“Para peserta ini tidak dicomot langsung dari masing-masing kecamatan, tapi beberapa kecamatan sebelumnya sudah melaksanakan lomba serupa. Para pemenang lomba tari dari masing-masing kecamatan, lalu maju lomba ke tingkat kabupaten,” ungkap Nugroho saat ditemui Espos di Pendapa Rumah Dinas, Rabu (27/7/2011).

Puncak lomba kesenian tersebut yakni pada Jumat (29/7/2011) malam, menampilkan pergelaran wayang kulit semalam suntuk oleh tiga dalang yakni Ki Anom Sukatno, dalang cilik Anggit Laras Prabowo dan Ki Sulistiyono. Panitia, imbuh Nugroho, sengaja tidak menghadirkan dalang terkenal untuk menghemat biaya, juga untuk menumbuhkan potensi dalang lokal. “Biar semua orang bisa melihat bahwa Karanganyar juga memiliki potensi di bidang seni dan budaya,” jelasnya.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya