SOLOPOS.COM - Agrowisata Tretes Taman Tani atau Triple-T di Gebyok, Samiran, Selo, Boyolali. (Instagram @tretestamantani)

Solopos.com, BOYOLALI — Berada di lembah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, agrowisata Triple-T di Desa Gebyok, Samiran, Boyolali, tentunya sayang untuk dilewatkan pada libur akhir pekan. Keindahan pemandangannya siap memanjakan mata.

Belum lagi hawanya yang sejuk dan udaranya lereng gunung yang bersih dari polusi. Sungguh menyegarkan tidak hanya badan tapi juga pikiran. Agrowisata Tretes Taman Tani atau Triple-T ini tepatnya berlokasi di Dukuh Gebyog, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hanya dengan membayar biaya tiket masuk Rp5.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan serta berbagai keunikan yang mungkin sulit didapat di tempat lain.

Salah satu keunikan agoriwisata Triple-T di Samiran, Selo, Boyolali, yang menjadi sorotan para pencinta wisata dan agrowisata adalah edukasi dan interaksi langsung dengan lingkungan pertanian dan peternakan. T pada triple-T merupakan singkatan dari tani (pertanian), toga (tanaman obat), dan ternak yang mencerminkan kekayaan potensi alam wilayah Samiran, Boyolali.

Keunikan lainnya yakni pemandangan dua gunung yaitu Merapi dan Merbabi yang menjadi latar hambaram perkebunan itu. Kemudian perkebunan sayur yang hijau dan tampak segar, banyaknya pepohonan, ditambah dengan keramahtamahan penduduk setempat akan semakin membuat para pengunjung nyaman berlama-lama di Agrowisata Tretes Taman Tani ini.

agrowisata triple-T selo boyolali
Agrowisata Tretes Taman Tani atau Triple-T di Gebyok, Samiran, Selo, Boyolali. (jatengprov.go.id)

Laman jatengprov.go.id menyebut objek wisata ini memngusung konsep agrowisata ruangan terbuka dengan versi yang alami. Lahan Tretes Taman Tani ditata sesuai kapabilitas serta tipologi lahan yang bertujuan untuk mendukung sistem usaha tani sayur serta buah yang ditanam.

Kelestarian Lingkungan

Kemudian teknologi budidaya, pascapanen komoditas pertanian, dan latar belakang pemandangan pertanian yang menyuguhkan kenyamanan.

Segi penataan lahan di objek wisata ini tidak hanya memprioritaskan kenyamanan pengunjung tetapi juga memperhatikan kelestarian lingkungan (konservasi lahan) melalui zonasi dan peletakan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung dan pengelompokan jenis tanaman sayuran.

Model pengembangan yang terakhir adalah agrowisata tanaman bunga dan buah-buahan, pada dasarnya konsep ini menawarkan kepada pengunjung untuk melihat keasrian kebun sembari memetik buah dan menikmati keindahan bunga yang menyegarkan mata.

Di objek wisat ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti mempelajari proses bercocok tanam, berkebun serta memanen sayur dan buah. Objek wisata ini juga memiliki banyak spot foto yang instagramable, cocok bagi yang gemar berfoto.

Selain itu objek wisata Triple T ini memiliki beragam fasilitas kuliner. Wisatawan dapat menikmati sajian kuliner khas pedesaan yang lezat dan segar, serta berbagai jenis produk hasil pertanian dan peternakan yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

Untuk menuju lokasi agrowisata Tretes Taman Tani, pengunjung dari arah kota Boyolali bisa langsung ambil arah menuju Selo sampai menemukan KUD Selo, terus yang belok ke kiri (selatan) sebelum SMPN 1 Selo. Nanti di tepi jalan ada gapura dengan tulisan Desa Wisata Tretes Taman Tani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya