SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo memantau kondisi arus lalu lintas saat H-4 Lebaran di Jalan Ahmad Yani, Kartasura, Sabtu (6/4/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Volume kendaraan bermotor yang melewati Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah meningkat tajam seiring masa cuti Lebaran pada empat hari atau H-4 Lebaran.

Dibanding periode yang sama pada Lebaran 2023 terjadi peningkatan volume kendaraan sekitar 75, 72 persen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pantauan Solopos.com, Sabtu (6/4/2024) pukul 16.30 WIB, arus lalu lintas dari arah Jogja-Solo yang melewati Bundaran Kartasura ramai lancar.

Begitu pula arus lalu lintas dari arah Semarang-Solo. Kendaraan bermotor didominasi mobil pribadi berpelat B, F, D dan sejumlah daerah di Sumatra.

Sejumlah bus antarkota antarprovinsi (AKAP) terlihat melewati Bundaran Kartasura.

Sebagian bus dari Jakarta dan sekitarnya mengangkut penumpang yang hendak pulang kampung untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

“Kondisi arus lalu lintas yang melewati Bundaran Kartasura mulai ada peningkatan volume kendaraan. Tapi masih lancar,” kata Kapolsek Kartasura, AKP Tugiyo, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit.

Peningkatan volume kendaraan di jalur mudik menyusul cuti bersama Lebaran.

Para aparatur sipil negara (ASN) dan sebagian karyawan perusahaan mulai meninggal daerah perantauan untuk melakukan perjalanan ke tanah kelahiran.

Tugiyo memprediksi puncak arus mudik pada H-3 Lebaran dan H-2 Lebaran.

“Di Kartasura, ada pos pengamanan (Pospam) Lebaran. Jika terjadi penumpukan kendaraan bermotor maka aparat TNI-Polri bakal turun tangan untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro mengatakan jumlah kendaraan yang melewati Bundaran Kartasura dari arah Semarang ke Sukoharjo sebanyak 65.856 unit.

Angka ini meningkat 93,77 persen dibanding arus lalu lintas pada hari biasa, yakni 33.987 unit.

“Jika dibanding periode yang sama pada 2023, ada peningkatan 75,72 persen. Jumlah kendaraan pada H-4 Lebaran 2023 sebanyak 37.347 unit,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya