SOLOPOS.COM - Peserta Jombor Run 2023 berlari mengeliling Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Sabtu (5/8/2023). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATENEvent lari bertajuk Jombor Run 2023 sukses digelar di kawasan wisata Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Sabtu (5/8/2023) pagi. Kegiatan di mana peserta berlari mengelilingi Rawa Jombor itu diikuti 1.000-an peserta dari berbagai daerah hingga ke luar Jawa.

Melihat antusiasme peserta yang tinggi, Jombor Run direncanakan menjadi event tahunan. Pada Jombor Run 2023 yang digelar pada Sabtu pagi, 1.000-an pelari dari berbagai usia antusias mengikuti ajang olahraga untuk memeriahkan Hari Jadi ke-219 Kabupaten Klaten itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tidak hanya dari Klaten, peserta berasal dari berbagai kota seperti Salatiga, Demak, hingga dari Pulau Sumatra. Para peserta mengelilingi kawasan Rawa Jombor dengan menempuh jarak sejauh 5,7 km.

Sepanjang trek, peserta Jombor Run disuguhi pemandangan Rawa Jombor, Klaten, dengan latar belakang perbukitan serta sunrise atau matahari terbit. Pada ajang kali ini, peserta dibagi menjadi dua kategori yakni umum dan pelajar. Rangkaian kegiatan itu baru kali pertama digelar.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, berencana menjadikan Jombor Run sebagai agenda tahunan. Hal itu lantaran melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam penyelenggaraan Jombor Run 2023.

Kegiatan tersebut tak hanya menyemarakkan hari jadi Klaten dan menambah khazanah olahraga di Klaten. Jombor Run yang digelar kawasan wisata Rawa Jombor Klaten dinilai turut meningkatkan potensi pariwisata lokal.

“Tidak hanya mengembangkan potensi keolahragaan tapi bisa mengangkat wisata Rawa Jombor dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Ke depan, event ini akan dikembangkan agar penyelenggaraan lebih semarak,” ungkapnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Diskominfo Klaten.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten, Sri Mulyani, hadir secara langsung untuk memberikan semangat kepada para pelari. Bupati juga menyerahkan medali bagi finisher atau peserta paling awal tiba di garis finis.

Mulyani mengapresiasi penyelenggaraan Jombor Run yang turut memeriahkan Hari Jadi Klaten di tahun ini. Ia berharap event serupa dapat digelar di Klaten untuk meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Bersinar.

“Olahraga menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah, termasuk di Klaten. Penyelenggara Jombor Run ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan sekaligus mempromosikan Klaten,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya