SOLOPOS.COM - Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, berbincang dengan aparat kepolisian dan perwakilan PT Jasamarga Jogja Solo di ruas tol Solo-Jogja wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten, Kamis (14/12/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, mengecek persiapan ruas tol Solo-Jogja yang bakal dioperasikan secara fungsional pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Nana memastikan ruas tol Solo-Jogja bakal dibuka sepanjang 13 kilometer (km) selama 14 hari mulai 22 Desember dari Colomadu sampai pintu tol Karanganom di Kuncen, Ceper, Klaten.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Berdasarkan pantauan Solopos.com, rombongan mobil Pj Gubernur Jateng didampingi kepolisian, Dishub, serta perwakilan PT Jasamarga Jogja Solo menyusuri ruas tol dari arah Colomadu ke Klaten.

Rombongan sempat berhenti di ruas tol wilayah Kecamatan Polanharjo, Klaten, untuk melihat aktivitas pekerja di lokasi tersebut. “Berkaitan dengan libur Nataru, kami akan membuka jalan tol dari gerbang tol Colomadu sampai ke exit tol Karanganom [di wilayah Kuncen, Ceper, Klaten],” kata Nana kepada wartawan di sela pantauan.

“Itu nanti yang sudah siap saat pelaksanaan Natal dan Tahun Baru sepanjang 13 km,” imbuhnya. Nana mengatakan pembukaan ruas tol Solo-Jogja secara fungsional itu untuk mengurai kemacetan antara Jogja, Klaten, dan Solo saat Nataru.

Tol Solo-Jogja nantinya hanya dibuka satu arah. Saat arus mudik libur Nataru, tol dibuka dari arah Colomadu menuju exit tol Karanganom dengan titik keluar maupun masuk bersimpangan dengan ruas jalan raya Jogja-Solo di Desa Kuncen, Ceper.

Saat arus balik libur Nataru, giliran pintu tol Karanganom yang dibuka menuju Colomadu atau tol Transjawa. Nana menjelaskan tol Solo-Jogja dibuka fungsional pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 atau selama 14 hari.

Tol Solo-Jogja hanya dibuka saat pagi sampai sore dari pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. “Karena belum ada kelengkapan penerangannya [sehingga tol fungsional dioperasikan dari pagi sampai sore],” kata Nana.

Nana mengatakan rambu-rambu segera dilengkapi serta disiapkan posko pengamanan di gerbang tol Colomadu maupun di exit tol Karanganom guna membantu kendaraan keluar-masuk tol. Soal persiapan ruas jalan, Nana menuturkan jalur tol Solo-Jogja hingga kini terus dikebut.

“Dari beton sebelumnya [setebal] 10 sentimeter tambah 30 sentimeter menjadi 40 sentimeter adalah komitmen,” jelas Nana.

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Amin, mengatakan persiapan jalur tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional saat libur Nataru terus dilakukan. Mulai dari persiapan jalur hingga pemasangan rambu.

“Pada 20 Desember 2023 harus sudah selesai [persiapan jalur yang dibuka saat libur Nataru],” kata Amin. Dia menjelaskan ruas tol dioperasikan fungsional pada 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 dan hanya dibuka untuk satu arah.

Pada 22-31 Desember 2023, dibuka untuk arus kendaraan dari gerbang tol Colomadu ke exit tol Karanganom. Kemudian pada 1-3 Januari 2024 dibuka ke arah sebaliknya. “Untuk kecepatan kendaraan, tol ini desainnya untuk kecepatan 80 km/jam. Untuk libur Nataru nanti pada kecepatan 40 km/jam saja,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya