SOLOPOS.COM - Pekerja mengecor jalan tol Solo-Jogja di ruas antara wilayah Kecamatan Polanharjo dengan Kecamatan Ceper, Klaten, Selasa (5/12/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Rencana pengoperasian tol Solo-Jogja secara fungsional pada libur Natal dan Tahun Baru 2024 atau Nataru 2023-2024 terus dimatangkan. Saat ini, persiapan jalur dari STA 0 di Kartasura, Sukoharjo, sampai STA 13 di Karanganom, Klaten, sudah mencapai 70%.

Manager Humas PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rachmat Jesiman Putra, mengatakan jalur tol Solo-Jogja yang dibuka selama libur Nataru dimulai dari STA 0 hingga STA 13 atau dari Kartasura hingga exit tol Karanganom di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Panjang ruas yang direncanakan dibuka secara fungsional selama libur Nataru sepanjang 13 km. Hingga kini, persiapan masih terus dilakukan. “Jalur pembukaan dari exit tol Colomadu naik menyusuri jembatan kemudian titik keluarnya di exit tol Karanganom,” kata Rachmat, Selasa (5/12/2023).

Hingga kini persiapan jalur tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional pada libur Nataru mendatang sekitar 70 persen. Persiapan yang sedang dikerjakan yakni pengecoran kembali, pembersihan jalur, dan pemasangan rambu-rambu sesuai arahan kepolisian untuk lokasi-lokasinya.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Riki Fahmi Mubarok, mengatakan sudah ada supervisi dari Ditlantas Polda Jateng terkait rencana pembukaan tol Solo-Jogja saat libur Nataru.

Dari supervisi tersebut, ada sejumlah poin penekanan yang akan dilaksanakan di Klaten terkait arus lalu lintas. Salah satu poin yakni pengamanan jalur keluar tol Solo-Jogja dari Kartasura hingga Klaten. Pengoperasian tol secara fungsional itu untuk memecah arus lalu lintas dari Gerbang Tol Colomadu.

Pos Pengamanan

Ia mengatakan nantinya akan ada satu pos pengamanan Polres Klaten di exit tol Karanganom tepanya di wilayah Desa Kuncen, Kecamatan Ceper. Terkait teknis pengoperasian, Kasatlantas menjelaskan bakal ada koordinasi lebih lanjut dengan pengelola tol serta dinas terkait.

“Kami sudah koordinasi dengan pihak jalan tol dan Dishub. Nanti ada jam berlakunya dan mungkin akan ditentukan tangalnya kapan dilaksanakan. Nanti kami koordinasi dengan pihak tol kapan akan dilaksanakan satu arah ke arah Klaten dan kapan ke arah sebaliknya. Nanti akan kami sosialisasikan,” kata Kasatlantas saat ditemui wartawan di Polres Klaten, Kamis (30/11/2023).

Gerbang tol Karanganom bersimpangan dengan ruas jalan raya Jogja-Solo di Desa Kuncen, Kecamatan Ceper. Arus lalu lintas di ruas jalan raya Solo-Jogja wilayah tersebut biasanya cukup padat dan tak jauh dari titik keluar tol itu atau berjarak sekitar 500 meter terdapat traffic light di persimpangan jalan raya Solo-Jogja, Desa Bowan, Kecamatan Delanggu.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa siang, truk pengangkut material uruk tol hilir mudik dan sesekali mengantre untuk keluar-masuk lokasi proyek tol dari ruas jalan raya Solo-Jogja.

Di lokasi proyek tol, truk molen memuntahkan adukan cor di beberapa lokasi diikuti para pekerja meratakan adukan di sepanjang ruas jalan. Sebagian ruas jalan sudah dicor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya