SOLOPOS.COM - Kondisi di sekitar Pintu Tol Banyudono, Boyolali, yang akan jadi pintu masuk dan keluar ke tol fungsional Solo-Jogja saat libur Nataru, Selasa (5/12/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pengelola tol Solo-Jogja menyiapkan dua pintu masuk tol yang akan dibuka secara fungsional selama kurang lebih 14 hari saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023-2024.

Dua pintu masuk itu masing-masing di Banyudono, Boyolali, dan Karanganom, Klaten, yang akan dibuka secara bergiliran saat arus mudik dan balik. Saat arus mudik, kendaraan dari jalur arteri Solo-Semarang bisa masuk melalui entrance Banyudono, Boyolali, hingga keluar di pintu exit Karanganom di Desa Kuncen, Ceper, Klaten.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain itu, pengguna tol Transjawa saat arus mudik libur Nataru juga bisa langsung masuk tol fungsional Solo-Jogja lewat jembatan tol di atas jalan Solo-Semarang di Banyudono.

Sedangkan saat arus balik, giliran pintu tol Karanganom, Klaten, yang dibuka dan kendaraan keluar di pintu exit Banyudono bagi yang ingin ke jalur arteri Solo-Semarang atau langsung masuk tol Transjawa lewat jembatan.

Seperti saat Lebaran 2023, tol fungsional Solo-Jogja juga dibuka searah baik saat arus mudik maupun balik. Saat arus mudik Lebaran lalu, pintu masuk tol fungsional Solo-Jogja juga berada di Banyudono.

Bedanya, saat itu belum ada jembatan penghubung dengan tol Transjawa sehingga kendaraan dari tol Transjawa ketika hendak masuk tol fungsional Solo-Jogja harus keluar dulu di Gerbang Tol Colomadu.

Rapat Koordinasi

Dari catatan Solopos.com, berdasarkan hasil rapat koordinasi persiapan Nataru di Kantor Adhi Karya barat Gerbang Tol Colomadu, Selasa (5/12/2023), tol fungsional Solo-Jogja akan dibuka dari STA 0-STA 13 atau sepanjang 13 km dan hanya berlaku satu jalur.

Selain itu, tol fungsional akan beroperasi pada pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Setelah pukul 17.00 WIB, tol fungsional akan ditutup dan Satlantas Polres Boyolali sudah mempersiapkan tim pengurai untuk membersihkan jalur tol tersebut selama 30 menit.

“Selang waktu 30 menit tersebut, kami pastikan tol fungsional steril dan bisa digunakan hari berikutnya,” kata Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Agista Ryan Mulyanto, seusai rapat.

Rapat dihadiri beberapa instansi terkait seperti satlantas kabupaten terkait, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten/kota terkait, dan lain-lain.

Sedangkan untuk pengaturan lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Banyudono, Agista mengatakan median jalan sepanjang 20 meter di depannya akan dihilangkan. Satlantas Polres Boyolali menyarankan untuk dipasangi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) portable di lokasi tersebut.

Dalam rapat tersebut belum diputuskan tanggal pasti pembukaan tol fungsional Solo-Jogja selama libur Nataru 2023-2024. Namun, Manager Humas PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), Rachmat Jesiman Putra, membocorkan tol fungsional mulai 22 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya