SOLOPOS.COM - Karyawan bersama warga di sekitar RSU PKU Muhammadiyah Prambanan Klaten mengikuti senam sehat di halaman rumah sakit setempat, Minggu (24/7/2022) pagi. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Rumah Sakit Umum (RSU) PKU Muhammadiyah Prambanan, Klaten menggelar senam sehat di halaman rumah sakit setempat, Minggu (24/7/2022) pagi. Kegiatan itu digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-218 Klaten.

Senam sehat diikuti ratusan orang. Selain karyawan rumah sakit, senam diikuti warga di sekitar rumah sakit yang berada di tepi jalan raya Jogja-Solo, Desa Sanggrahan, Kecamatan Prambanan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Senam juga diikuti Direktur RSU PKU Muhammadiyah Prambanan, Dien Kalbu Ady; Camat Prambanan, Puspo Enggar Hastuti; serta perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten.

“Jumlah peserta sekitar 350 orang dari karyawan, masyarakat umum, serta komunitas yang ada di sekitar rumah sakit. Tujuan utama dari kegiatan ini supaya tubuh menjadi sehat. Dengan masyarakat yang sehat, bangsa menjadi kuat,” kata Direktur RSU PKU Muhammadiyah Prambanan, Dien Kalbu Ady, saat ditemui seusai senam sehat.

Kegiatan itu sekaligus mengenalkan RSU PKU Muhammadiyah Prambanan sebagai rumah sakit umum yang siap memberikan pelayanan ke masyarakat umum. Dien menjelaskan ada sejumlah pelayanan yang dibuka di RSU PKU Muhammadiyah Prambanan.

Baca Juga: RSU PKU Delanggu Wujudkan Program Desa Binaan Kesehatan di Tlobong

Dia mencontohkan, seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang beroperasi selama 24 jam, ambulans emergency yang  on call 24 jam, pelayanan rawat inap mulai dari kamar VIP, kelas I, kelas II, hingga kelas III.

RSU PKU Muhammadiyah Prambanan juga membuka pelayanan poliklinik dengan yang diampu dokter sesuai dengan spesialisasi mereka.

“Ada dokter spesialis penyakit dalam, dokter bedah umum, dokter spesialis anak, dokter orthopedi, dokter spesialis paru, serta dalam waktu dekat lagi ada dokter spesialis syaraf,” kata Dien.

Dia juga menjelaskan RSU PKU Muhammadiyah Prambanan membuka pelayanan radiologi dilengkapi dengan pelayanan foto rontgen, USG, serta pemeriksaan laboratorium yang cukup lengkap. Kapasitas ruang rawat inap di rumah sakit itu sebanyak 50 tempat tidur dengan jumlah tenaga medis serta paramedis sekitar 80 orang.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif: Empu dalam Berpikir, Sahaja dalam Gaya Hidup

Salah satu pelayanan unggulan di RSU PKU Muhammadiyah Prambanan, yakni pelayanan home care. Ada tim kesehatan yang bisa mendatangi pasien untuk pemeriksaan di rumah.

“Kami memfasilitasi pelayanan itu dengan pelayanan yang prima karena terdiri dari ada dokter, perawat, fisioterapi, serta ahli gizi atau laboratorium,” jelas Dien.

Pelayanan home care dibuka saban Senin-Jumat pukul 08.00 WIB-13.00 WIB. Pelayanan itu terbuka untuk masyarakat umum, terutama warga yang kesulitan menuju ke rumah sakit lantaran keterbatasan kondisi fisik.

“Ke depan memang kami ingin mengambil peran tentu bersama dengan Pemkab Klaten guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Klaten dan masyarakat luas agar bisa menikmati dan merasakan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di PKU Muhammadiyah Prambanan,” kata dia.

Baca Juga: Baru Berdiri, UMKLA Klaten Langsung Punya 9 Prodi

Camat Prambanan, Puspo Enggar Hastuti, berharap ini sebagai salah satu bentuk dan sosialisasi RSU PKU Muhammadiyah Prambanan. Rumah sakit tersebut sudah mulai beroperasi dan melayani masyarakat umum.

Sebelum dibuka untuk masyarakat umum, RSU PKU Muhammadiyah Prambanan pernah berperan dalam penanganan Covid-19 di Klaten menjadi rumah sakit darurat Covid-19. Menjelang akhir Maret 2022, RSU PKU Muhammadiyah Prambanan secara resmi mengantongi izin operasional.

Sejak izin operasional keluar, status sebagai rumah sakit darurat Covid-19 dicabut.

“Harapan saya dengan kegiatan seperti pagi ini, masyarakat bisa merasa menjadi bagian dari RSU PKU Muhammadiyah Prambanan. Kegiatan ini sekaligus mengenalkan ke masyarakat bahwa RSU PKU Muhammadiyah Prambanan sudah mulai beroperasi,” kata Puspo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya