SOLOPOS.COM - Petugas melakukan observasi terhadap bayi laki-laki yang ditemukan di teras rumah warga Dukuh Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangoandan, Kabupaten Karanganyar, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bayi yang ditemukan di kursi teras rumah warga di Dukuh Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Senin (13/6/2022), tali pusatnya masih menempel. Diperkirakan bayi tersebut baru dilahirkan satu jam sebelum ditemukan sekitar pukul 12.15 WIB.

“Saat ditemukan tali pusar sudah dipotong, tetapi masih ada sisa sekitar 12 cm. Perkiraan dari bidan Puskesmas Karangpandan, jarak waktu antara kelahiran dengan ditemukan sekitar satu jam,” ujar Kapolsek Karangpandan, AKP Sri Pujiyanto, di Puskesmas Karangpandan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Di sisi lain, pihaknya bersama Satreskrim Polres Karanganyar sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan terus melakukan penyelidikan untuk mencari orangtua bayi tersebut.

“Kami dari Polsek Karangpandan bersama Polres Karanganyar sudah melakukan olah TKP di sana dan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa orangtua atau orang yang membuang bayi tersebut,” imbuhnya.

Baca Juga: Bayi Laki-Laki Ditemukan di Teras Rumah Warga Karangpandan Karanganyar

Sementara itu, Camat Karangpandan, Rusdiyanto, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan tim kesehatan Puskesmas Karangpandan, saat ini bayi berkulit terang dan berambut hitam lurus tersebut dalam kondisi sehat dan stabil.

Penemuan bayi karanganyar
Bayi laki-laki yang ditemukan di teras rumah warga Dukuh Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangoandan, Kabupaten Karanganyar, Senin (13/6/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Menurutnya, bayi ini memiliki berat badan 2,9 kilogram dan panjang/tinggi 49 cm. “Kondisi bayinya sekarang baik. Berat badannya 2,9 kilogram dan panjangnya 49 cm,” ujarnya.

Rusdiyanto menambahkan, sesaat setelah kabar penemuan bayi tersebut menyebar, beberapa orang langsung mengajukan diri untuk mangadopsinya. “Sudah ada yang mau mengadopsi. Tapi untuk hal ini kan ada prosedurnya dan persyaratannya. Tidak semua orang bisa begitu saja mengadopsi bayi seperti ini,” kata dia.

Seperti diberitakan,, seorang bayi baru lahir ditemukan di kursi teras rumah milik Henrikus Janto, di Dukuh Bloro, Desa Karangpandan, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Miris, Bocah 13 Tahun di Sragen Melahirkan Bayi, Ayahnya Misterius

Diduga, bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut sengaja dibuang oleh orangtuanya yang hingga saat ini belum diketahui identitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya