SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten bersama TRC BPBD Klaten memegang seekor ular yang dievakuasi dari dalam sumur di Desa Joho, Prambanan, Klaten, Senin (13/5/2024). (Istimewa/Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATENUlar sanca sepanjang 3,5 meter memangsa seekor cempe atau anak kambing di Desa Joho, Kecamatan Prambanan, Klaten, Senin (13/5/2024).

Ular tersebut berhasil ditangkap dan dievakuasi Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP dan Damkar Klaten bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten serta sejumlah sukarelawan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Saat dievakuasi, ular berada di dalam sumur tua yang tidak terpakai dekat permakaman setempat. Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, mengatakan penanganan evakuasi ular dengan nama latin Python reticulatus itu dilakukan pukul 11.25 WIB-13.00 WIB.

Ular berukuran cukup besar dengan panjang sekitar 3,5 meter. “Ular berada di sumur. Tidak ada kendala selama proses evakuasi,” ungkap Sumino saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Anggota TRC BPBD Klaten, Indiarto, menjelaskan ular itu ditemukan di dalam sumur tua yang tidak terpakai di dekat permakaman sekitar pukul 10.00 WIB. “Kemudian sekitar pukul 11.00 WIB, teman TRC BPBD dari Prambanan menghubungi mako TRC. Dari TRC kemudian koordinasi dengan Damkar untuk evakuasi ular,” kata Indiarto.

Metode evakuasi dengan dua petugas turun ke dalam sumur. Sumur berkedalaman sekitar 5 meter dan ada airnya. Ketika berada di dalam sumur, dua petugas itu menjerat ular dan kemudian ditarik hingga ke permukaan.

Ular kemudian dievakuasi dan dibawa ke Damkar Klaten. Diduga, di dalam perut ular itu ada seekor cempe milik warga tak jauh dari lokasi. “Empat hari sebelumnya ada warga yang kehilangan cempe,” jelas Indiarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya