SOLOPOS.COM - Ratusan orang mengikuti senam zumba massal di trotoar De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Karanganyar pada Minggu (16/10/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ratusan orang mengikuti senam zumba massal dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 Universitas Terbuka (UT) Surakarta, Minggu (16/10/2022). Kegiatan ini dipusatkan di trotoar De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Senam Zumba Massal digelar UT Surakarta dengan menggandeng Solopos Media Grup (SMG) selaku media partner. Kegiatan senam zumba yang diikuti seratusan peserta dimulai pukul 07.00 WIB. Masyarakat tampak antusias mengikuti senam zumba.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mereka mengikuti gerakan instruktur senam diiringi alunan musik. Di akhir acara, panitia membagian beragam doorprize berupa perabotan rumah tangga yang membuat acara kian meriah.

Direktur UT Surakarta, Yulia Budiwati, mengatakan kegiatan senam zumba tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam memperingati Dies Natalis UT. Beragam kegiatan telah digelar di waktu sebelumnya, di antaranya hiburan rakyat pentas ketoprak dengan lakon Kembang Cempaka Mulya di Lapangan Desa Gunung Sari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri.

Di samping itu, jalan sehat, penaburan benih ikan, dan senam zumba yang juga diselenggarakan di Benteng Vastenburg Solo.

Baca Juga: Pembukaan Perdana CFD Colomadu, Puluhan Ribu Warga Padati Jl Adisucipto

“Ada 250 peserta yang mendaftar senam zumba ini. Tapi ternyata banyak masyarakat umum yang beraktivitas di Car Free Day (CFD) Colomadu ikut senam zumba,” katanya kepada Solopos.com di sela kegiatan.

Yulia mengatakan beragam kegiatan yang dilaksanakan tersebut diharapkan mampu mengenalkan UT Surakarta ke masyarakat yang lebih luas. UT Surakarta yang beralamat di Jl. Raya Solo-Tawangmangu, Kebakan, Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, ini menjadi pionir dan terdepan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) di Tanah Air. Kiprah UT dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh tak perlu diragukan lagi.

Dia mengatakan saat ini peminat UT dari kalangan fresh graduated (lulusan SMA) mengalami peningkatan meski 70% mahasiswa UT adalah mereka yang sudah bekerja baik guru, TNI, Polri maupun masyarakat umum. Menurutnya, mulai ada sedikit pergeseran segmen mahasiswa UT di mana pada saat ini banyak sekali lulusan SMA. Mereka melanjutkan kuliah di UT dan pada saat bersamaan juga bisa meniti karier.

“Jumlah mahasiswa meningkat signifikan. Total mahasiswa sekarang ada 10.000 kurang 15 orang,” katanya.

Baca Juga: UT Perkuat Kerja Sama Mitra Kerja untuk Capai Target 1 Juta Mahasiswa

Saat ini, UT Surakarta bukan lagi menjadi pilihan kedua bagi para calon mahasiswa. Namun sudah menjadi pilihan utama mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Camat Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Sriyono Budi Santoso mengapresiasi langkah kampus UT Surakarta menggelar acara senam zumba di kawasan CFD Colomadu. Kegiatan ini mampu memeriahkan CFD Colomadu yang baru dibuka belum lama ini.

Peserta senam zumba dari Serengan, Kota Solo, Ika Wahyuningsih mengaku sangat antusias mengikuti senam tersebut. Dia yang mendaftar senam secara online ini datang bersama anak perempuannya.

Dia tertarik mengikuti senam tersebut karena memang menyukainya. Selain membuat tubuh sehat juga tertarik dengan aneka hadiah yang dipersembahkan di acara itu.

Baca Juga: UT Surakarta Bakal Gelar Senam Zumba Massal di Benteng Vastenburg Solo

“Alhamdulillah dapat hadiah setrika. Sehat badannya juga pulang bawa hadiah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya