SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memukul gong sebagai tanda diluncurkannya wisata jip di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Selasa (15/11/2022). Dalam kesempatan itu Juliyatmono juga menggagas diadakannya pasar Sabtu atau pasar Minggu untuk menggerakkan ekonomi warga setempat. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, akan mengadakan pasar Minggu pagi di halaman kantor kecamatan setempat.

Kegiatan tersebut diinisiasi Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat meluncurkan wisata jip di Jatiyoso, Selasa (15/11/2022). Saat itu, Juliyatmono meminta Pemerintah Kecamatan Jatiyoso menggelar kegiatan yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Salah satunya bazar Sabtu malam atau Minggu pagi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saya perintahkan, Sabtu atau Minggu pakailah kompleks kantor kecamatan ini untuk dodolan [berdagang] apa saja,” ujarnya.

Pesertanya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan warga Jatiyoso yang berminat berjualan. Tujuannya supaya perekonomian warga Jatiyoso bergerak. Bupati mempersilakan warga maupberjualan sebulan sekali atau dua pekan sekali.

Ia mencontohkan di Kecamatan Kerjo ada Sarmijo yaitu Pasar Minggu Kerjo yang digelar setiap Minggu pagi. “Di sana biar kata pedagang itu untung Rp50.000 atau Rp20.000, yang penting ekonomi bergerak. Di Jatiyoso juga begitu,” imbuhnya.

Baca Juga: Diresmikan, Agrowisata & Waterpark Tunggulrejo Karanganyar Diserbu Pengunjung

Untuk meramaikan kegiatan tersebut, pemerintah kecamatan dapat melibatkan seniman untuk tampil di tengah-tengah kegatan.

Sementara itu, Camat Jatiyoso, Heru Joko Sulistyono, siap merealisasi gagasan Bupati tersebut. Namun menurutnya yang paling mungkinkan saat ini adalah pasar Minggu pagi.

“Saat ini sedang kami data UMKM atau pedagang yang sekiranya akan berjualan di sana. Dan kemungkinan yang bisa kami laksanakan untuk awalan nanti pasar Minggu pagi. Kalau Sabtu malam sepertinya belum memungkinkan,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Konsep pada pasar Minggu pagi itu pedagang ditata di area kantor kecamatan dan sekitarnya, tanpa penutupan jalan. Mengingat jalan di depan kantor kecamatan itu adalah satu-satunya akses utama masyarakat Jatiyoso.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Wisata Jip di Kecamatan Jatiyoso Karanganyar

Untuk meramaikan kegiatan tersebut akan didatangkan kelompok senam serta pentas seni oleh para seniman Jatiyoso. “Nanti kami datangkan kelompok senam dan seniman, supaya lebih ramai. Nanti di sana juga dijadikan selter wisata jip sehingga suasana lebih hidup,” tambahnya.

Sementara itu, realisasi rencana Pasar Minggu pagi tersebut paling cepat Desember 2022. Mengingat saat ini pihaknya masih melakukan pendataan dan persiapan.

“Paling cepat Desember karena kami butuh persiapan, termasuk sumber pendanaan untuk kegiatan itu,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya