SOLOPOS.COM - Flyer event liburan akhir tahun yang digelar Pemkot Solo. (Instagram @pariwisatasolo)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo menyiapkan event berskala internasional untuk mengisi liburan akhir tahun nanti. Kegiatan seru dan edukatif itu melibatkan seniman lokal dan mancanegara. Selain itu tiga menteri dijadwalkan hadir meramaikan acara itu.

Kegiatan bertajuk Solo International Art Camp 3 2022 itu akan digelar di Dalem Joyokusuman, Kecamatan Banjarsari, Solo, berlangsung 22 Desember 2022 sampai 5 Januari 2023.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Is Purwaningsih menjelaskan mengatakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bakal membuka acara.

Selanjutnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan hadir pada pembukaan event internasional saat libur akhir tahun bertajuk International Art and Culture Stage, Minggu (25/12/2022).

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto giliran dijadwalkan hadir pada penutupan rangkaian acara. Acara itu sudah rutin digelar pada 2016, 2018, dan 2020 namun akibat pandemi Covid-19 mundur menjadi 2022.

Baca Juga: Hampir 1.000 Personel dan 6 Pos Jaga Disiapkan untuk Amankan Nataru di Solo

Rangkaian kegiatan itu meliputi, antara lainmembuat karya dua dimensi lukisan dan tiga dimensi patung, atraksi budaya, kunjungan ke situs-situs budaya, kunjungan ke galeri seni rupa, dan pameran hasil workshop.

“Sebenarnya kalau kami buka bisa mencapai 28 negara peserta namun kami batasi hanya 19 negara. Tiga negara tidak bisa hadir ke Indonesia karena persoalan paspor dan visa. Seperti Bangladesh yang terkendala,” katanya ditemui di Solia Zigna Kampung Batik, Laweyan, Solo, Rabu (21/12/2022) siang.

Dia menjelaskan partisipasi seniman yang mengikuti kemah dari 16 negara itu meliputi 37 orang dari luar negeri dan 17 seniman dari Indonesia. Beberapa negara dengan ada kampung seniman, nelayan, dan kampung patani menjadi daerah tujuan wisata yang sukses berkat event serupa International Art and Culture Stage.

Baca Juga: Tidak Ada Larangan, Ratusan ASN Pemkot Solo Ajukan Cuti Tahunan saat Nataru

Terinspirasi Art Jog

“Seniman itu berkumpul, bahu-membahu, kami support, bantu apa bisa menyulap daerah kumuh menjadi destinasi wisata,” ungkapnya. Menurut dia, Kota Solo sudah menjadi kota yang siap sebagai tujuan wisata.

International Art and Culture Stage diharapkan membuat Kota Solo punya event seperti Art Jog di Jogja di akhir tahun ini. Art Jog adalah festival, pameran, dan pasar seni rupa kontemporer yang digelar secara tahunan.

“Sekarang ada Solo Art Market. Kami besarkan Solo Art Market menjadi tempat bertemunya buyer dan seller tapi bukan craft saja tapi juga ada seni pertunjukan dan kulinernya. Benar-benar Solo Art Market sebenarnya,” ujarnya.

Baca Juga: Masih Dibahas, Pemkot Solo Pastikan Ada Atraksi di Car Free Night Tahun Baru

Berikut rangkaian acara Solo International Art Camp 3 tahun 2022:

Gala Dinner dan Opening Ceremony, Kamis (22/12/2022).

Jumat (23/12/2022 : Art  creation, traditional dance performance, artist talk

Sabtu (24/12/2022): Art  creation, traditional dance performance, artist talk

Minggu (25/12/2022): International art & culture stage, art creation, traditional dance performance, artist talk

Senin (26/12/2022): Art creation, traditional dance performance, artist talk

Selasa (27/12/2022): Art creation, traditional dance performance, artist talk

Rabu (28/12/2022): City tour

Kamis (29/12/2022): City tour, artist preparation for exhibition, opening of exhibition

Jumat (30/12/2022): International artists departure, exhibition



30 Desember sampai 5 Januari 2022: Exhibition

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya