SOLOPOS.COM - Rute Kirab Pusaka Malam 1 Sura Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Minggu (7/7/2024) malam. (Istimewa/Dishub Solo)

Solopos.com, SOLO–Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) bakal menggelar Kirab Pusaka yang merupakan tradisi rutin menyambut malam 1 Sura pada Minggu (7/7/2024) malam pukul 23.59 WIB. Rute kirab secara umum masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Panitia Kirab Pusaka Keraton Solo, Kanjeng Pangeran (K.P.) Eddy S Wirabhumi mengatakan panjang rute yang ditempuh, menurut dia, berkisar 8 kilometer. Dan akan diikuti abdi dalem sekitar 2.000 orang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

” Kirab di mulai dari Keraton Solo– ke utara melalui supit urang – Jl. Pakoe Boewono (gapura Gladak) – ke utara menuju Jl. Jenderal Sudirman – ke timur melalui Jl Mayor Kusmanto – ke selatan melalui Jl. Kapt Mulyadi – ke barat melalui Jl. Veteran – ke utara melalui Jl. Yos Sudarso – ke timur melalui Jl. Slamet Riyadi – ke selatan melalui Jl. Pakoe Boewono – Kembali ke Keraton Solo,” kata dia saat sesi konferensi pers di Kayu Manis Coffe and Steak, Banjarsari, Kamis (4/7/2024).

Dia menjelaskan hingga Kamis (4/7/2024), jumlah pusaka yang keluar atau di bawa kirab masih belum bisa dipastikan. Hanya, kata dia, tahun lalu ada 7 pusaka yang pihaknya bawa saat prosesi kirab.

“Pusaka yang keluar berapa belum bisa terkonfirmasi. Tahun lalu ada 7 pusaka, tahun ini insya allah bisa 7 juga,” jelas dia.

Pun demikian halnya dengan jumlah kerbau bule Kiai Slamet yang bakal ikut kirab jumlahnya juga belum bisa dipastikan. Namun, pihaknya dalam beberapa hari terakhir sudah melatih kerbau-kerbau bule untuk berjalan keliling Baluwarti.

Mengacu pada postingan cerita akun Instagram resmi Keraton Solo @kraton_solo, Kamis (4/7/2024) petang, tampak 6 kerbau yang mengikuti prosesi Gladhi Mahesa di wilayah keraton. Sebanyak 5 kerbau dewasa dan 1 kerbau muda tersebut dipandu dan digiring oleh Abdi Dalem Srati dari Alun-alun Kidul mengelilingi Baluwarti.

Sementara itu, melalui informasi resmi Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, diperkirakan akan ada 5.000 orang yang ikut serta memeriahkan acara kirab Kraton Solo. Oleh karenya, Dishub Solo akan melakukan penutupan jalan secara kondisional selama kirab berlangsung.

Dishub juga mengimbau untuk pengguna jalan membuat perencanaan perjalanan agar tidak terjebak kemacetan. Terlebih pada pukul 19.30 WIB Pura Mangkunagaran juga mengadakan Kirab Pusaka yang diperkirakan menyedot 2.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya