SOLOPOS.COM - Panitia Pesta Siaga Kwarcab Boyolali menggelar rapat persiapan pesta siaga yang akan digelar di SMAN 1 Simo, Boyolali, pekan ini. Foto diambil di Simo, Jumat (15/12/2023). (Istimewa/Kwarcab Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Ratusan anggota Pramuka dari berbagai SD/MI dan sederajat di Boyolali akan mengikuti pesta siaga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali di SMAN 1 Simo Boyolali, Kamis (21/12/2023).

Berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh panitia Pesta Siaga Pramuka SD/MI/sederajat, termasuk satu hal baru dan unik yang belum ada pada pesta siaga sebelumnya. Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, Eksani, menjelaskan pesta siaga adalah ajang rutin tahunan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pesta Siaga menjadi sarana pembinaan bagi Pramuka Siaga dengan kegiatan yang kreatif, edukatif, produktif, rekreatif, dan inovatif. Ia menjelaskan kegiatan tersebut penting untuk memupuk rasa persahabatan, perdamaian, dan persaudaraan.

Tak hanya itu, Pesta Siaga juga berguna untuk mengembangkan dan membina pengetahuan, kecakapan, mental, fisik, dan keterampilan anggota Pramuka Siaga yang terdiri atas para siswa SD/MI dan sederajat di Boyolali.

Eksani menyampaikan panitia Pesta Siaga Kwarcab Boyolali menyediakan 13 taman di SMAN 1 Simo. Ratusan anak perwakilan dari 22 Kwarran se-Boyolali akan bermain dan menjawab soal di setiap taman tersebut.

Tiga belas taman tersebut, tutur Eksani, meliputi taman agama, taman siaga pintar, taman tanda pengenal seragam Pramuka, taman pentas budaya, taman arah mata angin, taman ASEAN, taman aksara Jawa.

Kemudian taman simpul dan ikatan, taman pesan berantai, taman tongkat bermahkota, taman bumbung kemanusiaan, taman kebersihan lingkungan, dan taman darts match.

“Setiap taman akan ada kejuaraannya, nantinya barung [kelompok] yang menjadi juara umum akan mewakili Boyolali maju ke tingkat Kwarda Jateng. Juara umum bertahan tahun 2022 lalu dari Kwarran Klego,” terang dia kepada Solopos.com, Senin (18/12/2023).

Sementara itu, berdasarkan keterangan pers tertulis yang diterima Solopos.com, Minggu (17/12/2023), Wakil Ketua Kwarcab Boyolali Bidang Pembinaan Usia Muda, Darmawan Eko Habriono, menjelaskan telah berkoordinasi dengan Kwarran Simo terkait penyelenggaraan Pesta Siaga anggota Pramuka SD/MI dan sederajat.

Ia mengatakan rencananya masing-masing Kwarran akan mengirimkan dua barung putra dan putri sehingga bakal terkumpul 704 peserta. Mereka akan didampingi 88 orang, pimpinan kontingen 22 orang, juri 60 orang, ayahanda bunda 22 orang, dan panitia acara kurang lebih 100 orang.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada salah satu taman yang bertujuan nguri-uri budaya Jawa yaitu taman aksara Jawa. Di taman tersebut, panitia akan menyiapkan lomba menulis dan membaca aksara Jawa.

“Ada satu taman yang baru dan unik yang belum pernah kami lombakan yaitu taman tongkat bermahkota. Nantinya peserta akan membawa tongkat yang di atasnya ada bola dibawa dengan berjalan kaki penuh ketelitian, hati-hati, dan cermat dengan jarak lima meter. Itu tidak boleh jatuh untuk bisa mendapat nilai,” kata dia.

Sebagai informasi, berbagai persiapan juga dilakukan Kwarran Simo untuk menyambut pesta siaga di SMAN 1 Simo, Boyolali. Akan ada berbagai penampilan dari siswa SD dan SMP di sekitar Simo dalam rangka menyambut tamu-tamu acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya