SOLOPOS.COM - Puluhan jurnalis berfoto bersama tim penguji sebelum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta, Jumat-Sabtu (24/5/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 30 jurnalis di Kota Solo, Jawa Tengah, mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta yang difasilitasi Dewan Pers, Jumat-Sabtu (24-25/5/2024).

UKW ini diselenggarakan di Hotel Alila Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul dalam sambutannya mengatakan 30 jurnalis terbagi menjadi dua kategori, yakni UKW tingkat Muda dan Madya.

“Kemarin kami sepakat untuk membuka lima kelas dan akhirnya banyak menolak pendaftar,” ungkap Anas dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Jumat (24/5/2024).

Sementara itu Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah mengaku bahagia atas terselenggaranya UKW PWI Surakarta.

Di mana kegiatan di Solo ini menjadi uji kompetensi ke-17.

Menurutnya, UKW menjadi program Ketua Umum PWI, Hendry Ch Bangun pada Kongres PWI XXV di Bandung, 27 September 2023 lalu.

Sehingga dalam kesempatan itu, ia mendorong setiap daerah untuk memperbanyak penguji.

“Saat itu Pak Hendry berjanji akan menggelar UKW di seluruh cabang. Yaitu di 38 provinsi, dan satu cabang khusus Solo,” ungkap Sayid.

Sedianya UKW PWI Solo akan dibuka oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Namun karena tidak bisa hadir, pembukaan diwakilkan kepada Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Solo, Hery Mulyono.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Surakarta kami nyatakan dibuka,” ucapnya dalam sambutan.

Hadir sebagai narasumber doorstop, Plh. Ketua PMI Surakarta Sumartono Hadinoto, Koordinator Wilayah (Korwil) Peradi Jawa Tengah Badrus Zaman, dan Anggota Utama Masyarakat Anti Hoax (Mafindo) Soloraya Niken Setyawati.

Sebagai informasi, Dewan Pers kembali memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Program dilaksanakan mulai Maret 2024 dengan menargetkan 1.680 wartawan mengikuti pelatihan dan 1.500 wartawan tersertifikasi.

Program prioritas tersebut dilaksanakan oleh 14 Lembaga UKW, yaitu AJI Indonesia, IJTI, PWI, PFI, Kompas, LPP RRI, ANTV, MNC, Solopos, LSPR, UPN Yogyakarta, Universitas Moestopo, Universitas Dr Soetomo, dan LPDS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya