SOLOPOS.COM - Bacaleg DPC PDIP Sukoharjo mendaftarkan diri ke Kantor KPU Kabupaten Sukoharjo pada Kamis (11/5/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Bakal calon anggota legislatif (bacaleg) PDIP Sukoharjo rombongan mendaftar diri ke KPU setempat Kamis (11/5/2023) sore sekitar pukul 15.51 WIB. Di bawah guyuran hujan yang turun sejak siang, mereka berangkat menaiki 45 dokar.

Dokar itu dihiasi nama-nama bacaleg. Seluruh kusir memakai kaus merah PDIP. Sejumlah bacaleg berdatangan satu per satu ke kantor KPU Sukoharjo setelah mobil pikap berpengeras suara dan penuh bendera partai tiba sambil meluarkan suara orang berorasi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Jangan ragu untuk memilih dan memberikan dukungan kepada 45 bacaleg. Semoga mendapatkan rida dan  kemenangan sehingga kami dapat memperjuangkan kepentingan, aspirasi rakyat Sukoharjo. PDIP Sukoharjo selalu berjuang untuk kepentingan rakyat Sukoharjo,” ujar seorang pria yang berorasi dari pikap tersebut.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sukoharjo, Nurjayanto, mengatakan seluruh berkas 45 bacaleg sudah diteliti dan dinyatakan lengkap. Ia juga memohon doa restu agar PDIP Sukoarjo bisa menang. Saat ini PDIP menempatkan 20 kadernya di DPRD Sukoharjo dan masih mayoritas. Sumlah kursi parpol lain di bawahnya terpaut jauh. Golkar, PAN, PKS, dan Gerindra, masing-masing mendapatkan 5 kursi.

Pada Pemilu 2024, mereka menargetkan bisa menambah perolehan jumlah kursi menjadi 29. “Bacaleg yang incumbent [petahana] ada 17, sisanya wajah baru. Jumlah keterwakilan perempuan sudah memenuhi syarat ada sekitar 37% dari seluruh dapil semua keterwakilan perempuan terpenuhi,” ujar Nurjayanto tanpa menyebutkan secara spesifik jumlahnya.

Ia mengatakan pihaknya juga menggandeng sejumlah bacaleg muda, salah satunya Praditya Fikri yang masih berusia 22 tahun. Ia ditempatkan di Dapil Sukoharjo 4.

Terkait penggunaan dokar sebagai alat transportasi bacaleg menuju kantor KPU, ia mengaku secara khusus Dewan Pimpinan Pusat (DPD) PDIP meminta kadernya membawa ciri khas kesenian daerah. “Karena waktunya mepet dan hujan maka kami putuskan naik dokar. Mudah-mudahan dengan naik dokar ini bisa menambah pendapatan saisnya.”

Sementara itu, Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda mengatakan berkas pendaftaran bacaleg dari PDIP dan Nasdem hari ini telah dinyatakan diterima. Ketika sudah dinyatakan lengkap dan diperiksa maka parpol tidak perlu melakukan perbaikan. Kecuali, mereka melakukan perubahan data. Itu  bisa dilakukan di masa perbaikan dengan surat rekomendasi yang ditandatangani ketua umum parpol yang bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya