SOLOPOS.COM - Suasana Festival Takbiran di Masjid Agung Baiturrahmah, Sukoharjo, Selasa (9/4/2024). Ribuan warga antusias meriahkan acara Festival Takbiran. (Solopos.com/Ahmad Kurnia)

Solopos.com, SUKOHARJO – Ribuan warga Sukoharjo ikut meriahkan acara Festival Takbiran yang digelar di Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo (MABS), Selasa (9/4/2024) malam.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, sejak pukul 19.30 WIB warga mulai berdatangan ke pelataran MABS. Sementara, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani tampak hadir juga pada pukul 20.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bupati hadir bersama rombongan Forkopimda Sukoharjo, termasuk Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit, dan Dandim Sukoharjo, Letkol Czi. Slamet Riyadi.

Dalam sambutan acara itu, Etik menyampaikan harapannya agar acara Festival Takbiran menjadi media yang bisa memompa semangat beragama warga serta mempererat silahturahmi antar warga Sukoharjo.

“Seluruh umat Islam malam ini memuji Tuhan. Semoga kegiatan ini bisa menjadi media mempererat silahturahmi dan toleransi saling menghargai semua lapisan warga Sukoharjo,” kata Etik dalam sambutan, Selasa (9/4/2024) malam.

Festival Takbiran yang kali pertama digelar itu diharapkan bisa digelar kembali di tahun-tahun mendatang. Etik juga berharap agar warga Sukoharjo tetap tertib dan saling menjaga keamanan dan kenyamanan selama gelaran Festival Takbiran berlangsung.

“Untuk peserta festival, tetap berhati-hati agar acara berjalan dengan lancar,” imbuh dia.

Setelah memberi sambutan, Etik membuka acara sekaligus memberangkatkan peserta Festival Takbiran yang akan berkeliling di sekitar MABS.

Sementara itu, Sekretaris Takmir MABS, Ngatiman menyampaikan bahwa Festival Takbiran itu diselenggarakan bersama oleh MABS beserta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo.

“Tujuannya tentu untuk dakwah. Selain itu juga untuk memupuk silahturahmi antar masyarakat Sukoharjo,” kata Ngatiman saat ditemui Solopos.com di MABS, Selasa (9/4/2024) malam.

Ngatiman juga menjelaskan bahwa festival itu diikuti oleh setidaknya 15 tim dari berbagai kecamatan yang ada di Sukoharjo.

“Ini acara umum, tidak dibatasi oleh usia. Setidaknya ada 15 tim yang menjadi pesertanya,” kata dia.

Peserta Festival Takbiran itu tampak berusaha menampilkan hal-hal unik dan menarik. Mulai dari menghias mobil seperti kapal layar, atraksi marching band, hingga mengenakan berbagai kostum yang menarik. Sambil berjalan mengitari area MABS dan mengumandangkan takbiran, para peserta juga memainkan atraksinya masing-masing.

“Peserta yang unik dan menarik ada hadiah yang telah disediakan panitia. Total hadiahnya uang senilai Rp5 juta dan tropi penghargaan,” jelas Ngatiman.

Selain acara inti para peserta Festival Takbiran, juga ada hiburan berupa penampilan band yang bisa dinikmati oleh warga Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya