SOLOPOS.COM - Para santri mengikuti pengajian di Masjid Ar Rohman, Desa Mayungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, Minggu (19/3/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Seribuan santri dari puluhan taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) di wilayah Kecamatan Ngawen, Klaten, mengikuti pawai menyambut Ramadan, Minggu (19/3/2023).

Pawai itu digelar untuk menyambut datangnya Ramadan 1444 Hijriyah yang diperkirakan dimulai pada pertengahan pekan ini. Kegiatan digelar Forum Remaja Islam Ngawen (Forin) bekerja sama dengan Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Mayungan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pawai diikuti sekitar 1.300 dari 25 TPA di Kecamatan Ngawen dimulai dari Masjid Jami’ At Ta’awun hingga Masjid Ar Rohman Gaten, Desa Mayungan.

Para santri menumpang berbagai kendaraan seperti mobil dan kereta kelinci yang dihias serta dipasangi aneka spanduk menyambut datangnya Ramadan.

Pawai menyambut Ramadan di Ngawen, Klaten, itu digelar dengan keliling kampung dan di sepanjang perjalanan ada yang membaca selawat. Di Masjid Ar Rohman Gaten, santri mengikuti pengajian dari sukarelawan Guru Ngaji Berdaya.

Pengajian yang disampaikan dengan cara mendongeng menarik minat anak-anak untuk mengikuti pengajian hingga rampung. Kegiatan itu mendapatkan pengawalan dari Kokam. Ketua Forin, Sofyan, mengatakan kegiatan itu digelar mengajak umat Islam menyambut Ramadan.

Selain itu, kegiatan dimaksudkan untuk menyambung silaturahmi antarsantri TPA. Tak sekadar berkeliling, pawai tersebut juga dilombakan. Panitia menilai penampilan masing-masing kontingen TPA.

“Penilaian meliputi kreativitas, kekompakan, dan kerapihan,” jelas Sofyan saat ditemui Solopos.com di sela kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya