SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara rakernas Peradi di Hotel Alila Solo, Kamis (7/12/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara rapat kerja nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di Hotel Alila Solo, Kamis (7/12/2023). Saat memasuki ruangan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dikalungi bunga melati.

Pantauan Solopos.com, Gibran yang memakai batik lengan panjang tiba di Hotel Alila Solo pukul 15.30 WIB. Dia langsung dikerumuni para advokat yang menghadiri acara rakernas. Mereka tampak berlomba berswafoto dengan Gibran. Gibran disambut langsung oleh Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua Panitia Rakernas Peradi, Sutrisno, mengatakan acara rakernas dihadiri sekitar 1.300 advokat yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

“Jumlah advokat yang hadir sekitar 1.300 orang. Mereka menginap di sejumlah hotel di Solo. Ini kontribusi Peradi untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Solo,” ujar dia.

Menurut Sutrisno, Peradi menjadi menjadi wadah organisasi advokat yang memberikan kontribusi positif terhadap penegakkan hukum di Tanah Air. Program-program bantuan hukum bagi masyarakat akan terus ditingkatkan.

Sementara itu, Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan mengatakan kegiatan rakernas merupakan agenda rutin yang digelar pengurus Peradi. Secara kelembagaan, Peradi bersifat independen dan nonpartisan untuk para pencari keadilan.

Otto mengatakan advokat merupakan penegak hukum  yang kualitasnya harus terus ditingkatkan. Hal ini sesuai UU 18/2003 tentang advokat.

“Eksistensi advokat harus dipertahankan. Ini sesuai undang-undang yang mengatur advokat. Organisasi profesi advokat harus dijaga dan dipertahankan,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya