SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencuri. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR–Aksi pencurian hewan ternak kurban menjelang Iduladha makin meresahkan. Di Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, aksi kawanan maling hewan kambing berhasil digagalkan warga pada Senin (3/6/2024) malam.

Pelaku yang diduga lebih dari satu orang berhasil melarikan diri. Para pelaku lolos dari kejaran warga, setelah menceburkan diri ke Sungai Bengawan Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Warga Daleman, Sukamto, mengatakan aksi pencurian menimpa hewan ternak kambing milik Sriyanto, warga setempat. Kandang ternaknya berada tak jauh dari bantaran Sungai Bengawan Solo.

Saat kejadian, sekitar pukul 21.00 WIB, tetangga korban mendengar suara erangan kambing secara berulang kali. Namun anehnya suara kambing ini mengecil hingga menghilang.

Merasa curiga, tetangga korban mencari tahu dan melihat kondisi kandang kambing sudah dalam kondisi dijebol.

“Gedek bambunya sudah geser semua. Dari empat ekor kambing, satu ekor kambing hilang. Itu yang paling besar sendiri, tahu hilang langsung teriak maling,” kata dia kepada Solopos.com, Senin (4/6/2024) pagi.

Mendengar teriakan ada maling, warga langsung berdatangan ke lokasi termasuk dirinya. Mereka menyebar ke berbagai tempat di sekitar wilayah tersebut.

Beberapa warga melihat pelaku melarikan diri ke arah pinggir Sungai Bengawan Solo. Warga lantas mengejar pelaku namun sayangnya mereka berhasil melarikan diri dengan berenang di Sungai Bengawan Solo.

Sementara kambing yang dicuri, ditinggalkan pelaku di pinggir Sungai Bengawan Solo. “Pelakunya sudah menyiapkan ban buat renang di Bengawan Solo. Ada tiga orang pelaku,” kata dia.

Selain warga, dia menambahkan aparat kepolisian dari Polsek Jaten juga di lokasi untuk mengamankan pelaku. Namun pelaku sudah berhasil melarikan diri.

Selepas kejadian itu, warga kini semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian serupa menjelang Iduladha ini. Sebab di lokasi tersebut banyak kandang hewan ternak milik warga setempat.

“Kambing yang dicuri itu ternak milik warga yang mau dijual untuk kurban. Harganya sekitar Rp3 jutaan, jenis semi etawa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya