SOLOPOS.COM - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bermain bersama anak-anak di Kampung Dolanan Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (18/1/2023). (Istimewa/Dokumentasi Desa Sidowayah)

Solopos.com, KLATEN — Kampung dolanan di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, menjadi salah satu unit objek wisata yang dikunjungi Ibu Negara Iriana Jokowi saat reuni dengan teman-teman SMA-nya, Rabu (18/1/2023).

Wahana wisata di lokasi ini berupa kegiatan outbound yang dikelola BUM Desa Sinergi Sidowayah. Bukan outbound biasa, wisata edukasi itu juga menawarkan keunikan berupa aneka permainan tradisional yang sudah jarang ditemui di masyarakat.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Wahana permainan dan outbound itu berada di tengah perkampungan dan berdekatan dengan areal persawahan Dukuh Baderan, Desa Sidowayah. Kegiatan dipusatkan di rumah joglo kuno yang dulunya dikenal sebagai rumah Mbah Demang.

Halaman rumah itu cukup luas dan teduh oleh pepohonan. Di tempat itu, ada ayunan hingga jembatan kayu di antara pepohonan. Berbagai permainan tradisional yang ditawarkan di objek wisata Kampung Dolanan, Sidowayah, Klaten.

Permainan itu mulai dari bakiak kayu, bakiak batok, tarik tambang, lompat tali, egrang, engklek, gobak sodor, dan lain-lain. Tak jauh dari tempat itu, ada wahana bajak sawah menggunakan kerbau serta kolam renang.

kampung dolanan sidowayah klaten
Anak-anak bermain di Kampung Dolanan Sidowayah, Dukuh Baderan, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Rabu (18/1/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Pengelola menyiapkan para trainer terlatih yang merupakan pemuda desa setempat. Kepala Unit Kampung Dolanan Sidowayah, Klaten, Rizki Khairunnisa, menjelaskan pengembangan Kampung Dolanan Sidowayah dirintis pada 2016 oleh desa.

“Marak anak-anak bermain ponsel. Dari dulunya bermain permainan tradisional mulai beralih ke ponsel. Kemudian dibuat wahana outbound dengan permainan tradisional dan jadi lah kampung dolanan,” kata Nisa saat ditemui Solopos.com di Kampung Dolanan Sidowayah, Rabu (18/1/2023).

Sarat Edukasi

Kampung Dolanan Sidowayah kerap menjadi tempat outing class dari tingkat TK/PAUD hingga SMP. Di tempat itu, aktivitas mereka diisi dengan aneka kegiatan outbound yang sarat edukasi mulai dari melatih keja sama, ketangkasan, keterampilan, dan lain-lain.

“Kegiatan outbound rata-rata empat sampai lima jam,” ungkap Nisa. Nisa menjelaskan pengunjung berasal dari berbagai daerah mulai dari wilayah Soloraya, Semarang, Jepara, serta Jogja.

Jumlah kunjungan tak menentu menyesuaikan di sekolah. Saat kondisi ramai paling banyak ada 2.000 orang yang berkunjung dalam sebulan. Sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Kampung Dolanan Sidowayah Klaten mulai beroperasi hampir setahun terakhir.

Untuk bisa menggelar outbound di tempat itu, Nisa menjelaskan minimal rombongan terdiri 30 orang. “Untuk tarif sekitar Rp75.000 sampai Rp100.000 per orang. Selain kegiatan outbound, nanti kan dapat makan juga sama snack. Jadi di sini tidak perlu khawatir soal makanan. Kampung Dolanan Sidowayah buka setiap hari kecuali Jumat,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke Kampung Dolanan Sidowayah serta objek wisata lainnya di desa tersebut yakni kebun jambu, Umbul Siblarak, serta Umbul Manten, Rabu.

Iriana menyempatkan berkunjung ke objek wisata itu dalam kegiatan reuni bersama teman-temannya semasa SMA. Di Kampung Dolanan Sidowayah, Iriana sempat memainkan permainan tradisional di tempat itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya