SOLOPOS.COM - Darwanto dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Karanganyar periode 2019-2024. Pelantikan digelar dalam Sidang Paripurna di Gedung DPRD setempat pada Jumat (9/6/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sekretaris Fraksi PKS, Darwanto, akhirnya dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Karanganyar periode 2019-2024. Pelantikan digelar dalam Sidang Paripurna di Gedung DPRD setempat pada Jumat (9/6/2023).

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Agus Komaruddin. Sidang Paripurna dipimpin Ketua DPRD Bagus Selo dan dihadiri Bupati Juliyatmono, Wabup Rober Christanto, serta jajaran Forkopimda.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Darwanto dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD menggantikan almarhum Rohadi Widodo yang meninggal dunia pada Januari lalu karena sakit leukimia. Seusai dilantik dan diambil sumpah jabatan, Darwanto langsung duduk di kursi pimpinan dewan.

Sidang paripurna kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dua anggota DPRD pengganti antar waktu (PAW) dari Fraksi PDIP atas nama Sulardiyanto dan Fraksi PKS, Sri Hartono.

Dijumpai seusai pelantikan, Darwanto mengatakan akan melanjutkan tugas yang ditinggalkan koleganya.”Ya saya akan meneruskan perjuangan dan keteladanan pak Rohadi Widodo,” kata dia.

Darwanto juga akan fokus koordinasi dengan unsur pimpinan DPRD. Termasuk menyoroti infrastruktur jalan yang rusak. Menurutnya itu pekerjaan rumah yang tidak bakal rampung hingga akhir masa jabatan bupati. Terkait dengan persoalan dana pokok pikiran (pokir) anggota Dewan yang raib di APBD 2023, dia masih menunggu koordinasi dengan partai politik lainnya.

Sebelumnya empat Fraksi masing-masing Fraksi PKS, Fraksi Amanat Demokrat, Fraksi PKB dan Fraksi Gerindra getol mempertanyakan hilangnya dana pokir di APBD. Sampai kini kasus raibnya dana pokir tersebut belum menemukan titik terang.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, atas nama Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyampaikan selamat atas dilantiknya Darwanto dan dua anggota baru DPRD. Ia berharap partai politik bisa menjaga kehormatan menjelang Pemilu agar Karanganyar tetap kondusif, santun, dengan mengedepankan gagasan-gagasan program yang baik.

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo, meminta wakil rakyat yang baru dilantik segera menyesuaikan diri dengan tugas yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya