SOLOPOS.COM - Pengurus KONI Boyolali periode 2023-2027 dilantik dan dikukuhkan di Pendapa Gede Boyolali, Selasa (23/1/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Boyolali masa jabatan 2023-2027 resmi dilantik dan dikukuhkan di Pendapa Gede Boyolali, Selasa (23/1/2024).

Kepengurusan yang baru tersebut mendapatkan pekerjaan rumah (PR) untuk menaikkan peringkat Boyolali hingga masuk 10 besar di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) 2026.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Hal tersebut disampaikan Ketua KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, saat menghadiri pelantikan pengurus KONI Boyolali 2023-2027. Ia menjelaskan peringkat Boyolali di ajang Porprov 2023 di Pati Raya naik dari 17 ke 13.

Bona menuturkan pada Porprov Jateng di wilayah Surakarta 2018 lalu, kontingen Boyolali mendapatkan 13 emas, 16 perak, dan 21 perunggu dan berada di peringkat ke-17 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Pada 2023 di Pati Raya, Boyolali berhasil mendapatkan 21 emas, 18 perak, dan 31 perunggu dan berada di peringkat ke-13,” kata Bona disambut tepuk tangan peserta pelantikan.

Ia mengatakan lompatan prestasi tersebut tidak hanya karena pengurus KONI Boyolali akan tetapi karena dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Bona juga mengapresiasi hadirnya Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Boyolali dalam acara pelantikan pengurus KONI. Ia mengaku baru kali pertama itu melihat pemandangan tersebut.

Siap Menyambut Tantangan

“Ini adalah dukungan morel yang sangat baik untuk Ketua KONI Boyolali terpilih dan kawan-kawan. Oleh karena itu, harapan saya pada Porprov ke depan jangan hanya peringkat ke-13, syukur bisa 10 besar kalau tidak bisa menjadi lima besar,” jelas dia.

Bona menjelaskan Porprov Jateng 2026 rencananya dilaksanakan di Semarang Raya. Lokasinya lebih dekat dibandingkan Porprov 2023 yang digelar di Pati Raya. Ia menilai faktor kedekatan lokasi lomba bisa menjadi salah satu penunjang untuk Boyolali naik peringkat.

Sementara itu, Ketua KONI Boyolali, Kukuh Hadiatmo, menyatakan pengurus KONI Boyolali siap menyambut tantangan KONI Jateng untuk bisa masuk 10 besar pada ajang Porprov Jateng 2026 di Semarang Raya.

Ia mengungkapkan telah berkomunikasi dengan KONI Jateng terkait target 10 besar itu. Menurutnya, dari peringkat ke-13 naik menjadi peringkat ke-10 tidak terlalu jauh.

“Walaupun begitu, memang harus ada beberapa tindakan dan kegiatan untuk bisa mendorong atlet-atlet atau beberapa cabor [cabang olahraga] untuk bisa menciptakan atlet yang berprestasi,” kata dia.

Ia juga memastikan akan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan cabor-cabor lain. Pembinaan dilakukan agar dunia olahraga di Boyolali semakin baik terutama di cabor yang berprestasi agar bisa menjadi unggulan.

Lebih jauh, Kukuh mengatakan akan melakukan beberapa pantauan dan perbaikan pada beberapa cabor yang dianggap kurang berprestasi. Dukungan terhadap cabor-cabor yang kurang berprestasi diperlukan karena mereka masih membutuhkan sarana prasarana untuk menunjang prestasi.

Susunan Pengurus

“Kalau mereka menyiapkan atletnya, kami siapkan sarana prasarananya. Nah, ini kan sebuah simbiosis yang baik. Saya kira, nanti kita semua bisa bekerja sama dengan baik sehingga dapat menghasilkan atlet yang baik,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M Said Hidayat, bersyukur karena tahapan penyusunan hingga dilantiknya pengurus KONI Boyolali dapat dilaksanakan dengan suasana adem, ayem, tenteram, lancar, aman dan damai.

Said berterima kasih atas prestasi-prestasi yang telah ditorehkan para atlet di bawah kepengurusan KONI Boyolali sebelumnya. Ia juga menilai pengurus KONI Boyolali periode sebelumnya telah melayani secara tulus untuk keberhasilan prestasi dunia olahraga yang baik.

Selanjutnya, ia berharap dengan kepengurusan KONI Boyolali yang baru saja terbentuk dapat segera menyesuaikan diri dan meneruskan tugas-tugas sebagai pengurus baru. Said juga berharap KONI Boyolali dengan kepemimpinan baru dapat menorehkan prestasi yang lebih gemilang.

“Selain itu, juga bisa berkoordinasi sebaik-baiknya dengan Pemkab Boyolali untuk sama-sama membangun dan mengembangkan olahraga di Boyolali,” kata dia.

Berikut susunan kepengurusan KONI Boyolali 2023-2027:

  • Ketua Umum: Kukuh Hadiatmo
  • Sekretaris: Agus Achsin
  • Bendahara: Hardani
  • Wakil Ketua I Bidang Organisasi Hukum Humas dan Hubungan Antarlembaga: Ita Purwidhaningsih
  • Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi, Perencanaan dan Anggaran: Dadar Hawantoro dan Romadhona
  • Wakil Ketua III Bidang Litbang Diktar Kesehatan Sport Science dan Iptek: Sutikno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya