SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat peluncuran lapakjateng.id di The Sunan Hotel Solo, Rabu (15/6/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersama Blibli meluncurkan lapakjateng.id, laman khusus di platform marketplace Blibli yang menampilkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) andalan Jawa Tengah.

Peluncuran lapakjateng.id dilakukan di The Sunan Hotel Solo oleh Gubernur Jateng itu didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Chief Marketing Officer (CMO) Blibli, Edward K Suwignyo, Rabu (15/6/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Laman khusus itu menghadirkan lebih dari 2.500 UMKM dengan 300.000 produk dari berbagai wilayah di Jateng. Produk-produk tersebut telah melewati proses kurasi sehingga dijamin terpercaya dan produknya berkualitas.

Kategori belanja di lapakjateng.id yang luncurkan Ganjar Pranowo itu juga sangat luas, mulai dari kuliner, fashion, kriya, kesehatan, kecantikan, hingga desa wisata. Hal menarik lainnya, pembayaran PBB dan pajak kendaraan bermotor juga dilayani di kanal ini.

Dalam kesempatan itu Ganjar mengatakan transformasi usaha ke arah digital menjadi salah satu strategi utama Pemprov Jateng untuk mendukung penguatan daya saing UMKM. Terlebih dalam upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Pidato Di UNS Solo, Mahasiswa Singgung Konflik Wadas

“Maka kami menyambut baik adanya kolaborasi lanjutan dengan Blibli. Bahkan dengan jaringan omnichannel [online to offline] yang dimiliki Blibli dapat memperkuat upaya kami untuk membuat produk lokal maju dan naik kelas,” ujarnya.

Cara Mendaftar

Ganjar juga mengatakan pelaku usaha yang terdaftar sebagai penjual di lapakjateng.id bisa mendaftar program SIPlah dan Bela Pengadaan. Dia juga akan live shopping di lapakjateng.id untuk mengenalkan produk UMKM Jateng.

Pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo seperti diskon, hingga gratis ongkos kirim berkali-kali hingga Rp50.000 di lapakjateng.id. Sedangkan Edward K Suwignyo mengatakan lapakjateng.id membuka peluang kurasi produk Jateng.

Baca Juga: Produk Unggulan UMKM Jateng ke Tokyo & London

Dia optimistis UMKM Jateng akan bertumbuh secara berkelanjutan di platform B2C Blibli, melalui dukungan omnichannel dan ekosistem Blibli yang kuat. Ke depan Blibli berkomitmen memperkuat peran mendorong pertumbuhan UMKM.

Caranya dengan lebih memaksimalkan ekosistem digital perusahaan dan lebih banyak upaya kolaboratif dengan pemangku kepentingan. Dengan begitu sektor UMKM dapat terus maju memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Dia menjelaskan, Blibli konsisten memaksimalkan ekosistem perusahaan yang komprehensif dan menjalin kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendampingi UMKM go digital secara maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya