SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati suasana kawasan Objek Mata Air Cokro (OMAC), Kecamatan Tulung bersamaan dengan momen padusan, Jumat (1/4/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Rangkaian acara tradisi padusan bakal digelar secara meriah di Objek Mata Air Cokro (OMAC) di Kecamatan Tulung, Klaten, yang sesuai jadwal berlangsung Selasa (21/3/2023). Bakal ada iring-iringan kirab 21 kendi serta hiburan pentas musik dangdut.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, mengatakan kendi yang dikirab berisi air yang diambil dari 21 sumber mata air Klaten. Kirab bakal diiringi hadrah serta pasukan bregodo serta sejumlah pejabat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut datangnya Ramadan itu bakal dimulai sejak pukul 08.00 WIB. “Selain itu akan ada pemukulan bedug oleh Bu Bupati serta penyebaran apam dan udik-udik [tradisi menyebar atau melemparkan uang],” kata Nugroho saat ditemui Solopos.com di Pemkab Klaten, Senin (20/3/2023).

Bakal ada pentas musik pada rangkaian perayaan tradisi padusan di OMAC Klaten yang sesuai jadwal digelar pada Selasa. Pentas musik menghadirkan grup Kalimba Music dimulai pada Selasa siang hingga sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Nugroho menjelaskan pentas musik hanya digelar sehari atau pada Selasa dengan tiket masuk OMAC Rp20.000 per orang. Pada Rabu (22/3/2023), OMAC buka seperti biasa dengan tiket masuk kembali pada Rp15.000 per orang.

“Rangkaian kegiatan [tradisi padusan] hanya digelar sehari. Pada Rabu tidak ada kegiatan pentas musik karena bersamaan dengan Hari Raya Nyepi. Menghormati umat dari agama lain. Tetapi untuk OMAC tetap buka seperti biasa,” jelas Nugroho.

Sementara itu, sejumlah pengelola objek wisata air di Klaten siap menyambut para pengunjung pada gebyar padusan jelang 1 Ramadan yang seusai jadwal jatuh pada Kamis (23/3/2023).

Melalui akun media sosial masing-masing destinasi wisata, beberapa pengelola memastikan tak ada kenaikan tarif tiket masuk saat gebyar padusan pada Rabu (22/3/2023).

Pengelola Umbul Susuhan di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten, memastikan harga tiket masuk tetap sama yakni Rp10.000 pada gebyar tradisi padusan. Begitu pula dengan harga tiket masuk Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, dipastikan tetap Rp10.000 per orang saat momen padusan.

Pada momen padusan Rabu (23/3/2023) siang, pengelola Umbul Pluneng di Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, menyiapkan hiburan live music.  Harga tiket untuk Pluneng Waterpark Rp10.000 per orang dan Umbul Tirto Mulyani Rp5.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya