SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dina Ananti Sawitri Setyani /JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SRAGEN-Dinas Pendidikan Sragen akan menggelar lomba sains tingkat kabupaten di Sragen Bilingual Boarding School (SBBS), Gemolong, Sabtu-Minggu (20-21/10/2012).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kasi SMP Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Sragen, F Nugrahaningsih, mengungkapkan lomba bertujuan melatih siswa dalam meningkatkan kompetensi di bidang matematika, IPA Biologi dan Fisika. Selain itu, untuk mempersiapkan siswa SMP mengikuti lomba-lomba akademik bidang matematika dan IPA.

“Siswa SBBS tidak boleh mengikuti lomba ini. Dinas Pendidikan sengaja menerapkan kebijakan itu dengan harapan bisa memunculkan siswa yang pintar sains, selain siswa SBBS,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (18/10/2012).

Pendaftaran peserta lomba, terangnya, dilayani hingga Sabtu (20/10/2012) pukul 09.00 WIB di Dinas Pendidikan Sragen. Peserta lomba adalah siswa SMP kelas VII, VIII dan IX. Sekolah dapat mendelegasikan siswanya maksimal satu siswa per bidang studi per kelas, sehingga total setiap sekolah maksimal hanya boleh mengirimkan sembilan siswa.

“Guru pendamping hanya satu orang setiap sekolah,” katanya.

3 Tahap

Hani berharap sekolah segera mendaftarkan siswanya yang potensial. Hingga Kamis, empat SMP sudah mendaftarkan siswanya. Lomba akan digelar dalam tiga tahap. Materi yang diujikan pada lomba tahap I, ungkap Hani, adalah soal-soal olimpiade sains nasional (OSN) tingkat kabupaten.

Khusus siswa kelas VII dan VIII yang menjadi juara I-V lomba tahap I, akan mengikuti lomba tahap II, 3 November. Pada lomba tahap II siswa harus mengerjakan soal OSN tingkat provinsi dan nasional serta mengikuti wawancara. Peraih juara I-V setiap bidang studi pada lomba tahap II, akan mengikuti pembinaan intensif pada bimbingan olimpiade selama satu pekan.

“Siswa yang mengikuti bimbingan olimpiade akan diundang untuk diikutsertakan pada lomba/kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau instansi terpercaya pada November-Desember,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya