SOLOPOS.COM - Bondan Sejiwan Bomo Aji (tengah) menerima pataka seusai terpilih sebagai Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Tengah (Jateng) dalam Musyawarah Daerah (Musda) IX, Jumat (5/5/2023) malam, di The Sunan Hotel Solo. (Istimewa/AMPI Jateng).

Solopos.com, WONOGIRI — Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Bomo Aji, terpilih menjadi Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia atau AMPI Jateng lewat Musyawarah Daerah (Musda) IX di Solo, Jumat (5/5/2023) malam.

Meski AMPI didirikan Partai Golkar di Pandaan, Jawa Timur, pada 1978 lalu, Bondan menyebut organisasi kepemudaan itu terbuka untuk umum. Semua warga dari latar belakang apa pun bisa menjadi anggota AMPI.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal itu karena AMPI didirikan sebagai wadah bagi pemuda untuk belajar berorganisasi. “Kami terbuka, siapa saja boleh menjadi anggota, PNS [pegawai negeri sipil] pun bisa, bahkan kader partai juga bisa menjadi anggota AMPI, karena ini benar-benar wadah belajar,” kata Bondan saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/5/2023)

Selain membentuk formatur untuk kepengurusan AMPI Jateng yang baru, dalam waktu ini Bondan bakal melakukan konsolidasi anggota AMPI di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Hal itu untuk membangkitkan kembali mesin organisasi AMPI yang sempat melemah di kabupaten/kota. Bondan yang juga Ketua Perbakin Solo menggantikan pendahulunya sebagai Ketua DPD AMPI Jateng, Sriyono.

“Kami punya waktu 30 hari sampai menjelang nanti pelantikan AMPI Jateng. Ibarat mobil, organisasi ini harus saya pastikan firm siap lari kencang untuk membangun grassroot di tingkat kabupaten/kota, di tingkat kecamatan, tingkat desa, bahkan tingkat RT. Kami ingin kader-kader AMPI Jateng ini tersebar di 35 kabupaten kota tanpa terkecuali,” ujar dia.

Anggota DPRD Jateng itu mengakui walaupun AMPI merupakan organisasi masyarakat (ormas) yang independen, namun hal itu tidak bisa menghapuskan sejarah bahwa organisasi kepemudaan ini lahir dari Partai Golkar.

Tugas Khusus

Sebagai informasi, Ketua DPP AMPI merupakan Jerry Sambuaga yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan sekaligus politikus Partai Golkar. Pada sisi lain, Ketua Dewan Pembina AMPI, Airlangga Hartarto, juga kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar.

Sebagai Ketua DPD AMPI Jateng terbaru, Bondan memiliki tugas khusus terkait agenda Pemilu 2024 mendatang. Ia menegaskan AMPI adalah organisasi kepemudaan yang dilahirkan Partai Golkar.

“Ketua Dewan Pembina kami Bapak Airlangga [Hartarto], maka kami pastikan AMPI tegak lurus dengan Bapak Airlangga Hartarto dalam Pencapresan dan Pemilu yang akan datang,” ucap Bondan.

Sementara itu, dalam pers rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (6/5/2023), Ketua DPP AMPI, Jerry Sambuaga, mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Bondan sebagai Ketua DPD AMPI Jateng.

Dia juga menyebut AMPI memiliki tugas untuk mengawal agenda politik Partai Golkar. Jerry berharap Bondan segera melakukan konsolidasi organisasi di 35 kabupaten/kota di Jateng.

“Kami sebagai organisasi kemasyarakatan yang terlahir dan didirikan Partai Golkar memiliki tugas kewajiban untuk mengawal agenda-agenda politik Partai Golkar, sampai hari ini amanah kita tetap tegak lurus terhadap Bapak Airlangga Hartarto yang merupakan Ketua Pembina AMPI, menjadikan beliau sebagai capres. Juga menjagokan calon kami di setiap tingkatan,” kata Jerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya