SOLOPOS.COM - MOBIL KIAT ESEMKA (FOTO/SOLOPOS/Dok)

MOBIL KIAT ESEMKA (FOTO/SOLOPOS/Dok)

SOLO-Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Joko Sutrisno mengatakan bahwa mobil Esemka yang saat ini menjadi perhatian masyarakat tidak akan diproduksi secara besar-besaran. Karena memang fungsinya untuk pembelajaran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hal ini ditegaskan Joko Sutrisno untuk menanggapi pernyataan Menteri Negara (Meneg) BUMN, Dahlan Iskan saat kunjungan di Stasiun Kereta Api (KA) Balapan Solo, Jumat (13/1/2012).

“Mobil Esemka memang untuk pembelajaran dan never-never untuk industri besar. Apalagi sampai menggunakan tenaga robotik untuk pembuatan materialnya,” tegas Joko Sutrisno saat pertemuan antara SMK perakit mobil dengan vendoor spare part seluruh Indonesia di Solo Techno Park, Solo, Sabtu (14/1/2012).

Sehingga tambah Joko, SMK tidak akan membikin pabrik besar untuk memproduksi mobil Esemka. Mobil tersebut untuk pembelajaran siswa dan pembinaan UKM.

“Jadi tidak jadi perusahaan besar. Kalau saat ini mobil Esemka di bawah naungan PT Solo Manufactur, perusahaan tersebut hanya sebagai principal dari mobil Esemka,” terang Joko.

Lebih jauh Joko menjelaskan, bahwa untuk jenis mobil Esemka yang dibuat hanya ada dua yakni sportutility vehicle (SUV) dan Mini Truk. Sekolah juga bisa bermitra dengan siapa saja.

“Soal nama terserah sekolah, kalau di Solo bekerja sama dengan bengkel Kiat namanya menjadi Kiat Esemka,” tandasnya. JIBI/SOLOPOS/Ahmad Mufid Aryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya