SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Perlintasan kereta api (KA) Purwosari, Solo. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Yosca Herman Sudrajat mengatakan pemerintah pusat telah menyetujui rencana pembangunan under pass atau jalan bawah tanah, tidak hanya di perlintasan rel kereta api (KA) Purwosari melainkan juga di empat perlintasan KA lainnya di Kota Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Keempat perlintasan KA dimaksud adalah Manahan, Gilingan (viaduct), Pasar Nongko, dan Ledoksari. Dengan demikian total ada lima under pass yang akan dibangun di Solo untuk mengurai simpul-simpul kemacetan.

Hal tersebut diungkapkan Yosca saat ditemui wartawan di Loji Gandrung, Kamis (3/11/2011). Meski sudah disetujui pemerintah pusat, kelima under pass itu tidak akan dibangun secara bersamaan.

Selain memudahkan dalam hal pendanaan juga agar tidak sampai mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Akan sulit untuk mencari jalur alternatif seandainya kelima under pass dibangun bersamaan.

“Nanti yang diprioritaskan adalah perlintasan KA Purwosari karena merupakan jalur yang paling ramai dan merupakan pintu masuk kota dari arah barat. Selain itu, di sana kan double track sehingga lalu lintas keretanya juga lebih ramai,” kata Yosca.

Pembangunan under pass Purwosari, kata Yosca, baru akan dibuatkan detail engineering design (DED)-nya pada 2012 mendatang. Ditanya perkiraan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan lima under pass tersebut, Yosca mengaku belum bisa memastikan. Sebab, hal itu harus mengacu pada DED.

Lebih jauh, Yosca mengatakan under pass akan menjadi solusi masalah kemacetan yang kerap terjadi di perlintasan KA. Dia mencontohkan, dengan volume kendaraan mencapai 2.000 unit/jam di Purwosari, hampir selalu terjadi antrean panjang kendaraan ketika ada KA melintas.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya